Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Pemkot Bandarlampung Berikan Pelayanan Kuras “Septic Tank” Gratis

Pemkot Bandarlampung Berikan Pelayanan Kuras “Septic Tank” Gratis

268
BERBAGI
Walikota Herman HN didampingi Sekda Badri Taman mencoba motor roda tiga penyedot tinja.

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Bandarlampung, Herman HN, menyerahkan dua sepeda motor roda tiga kepada Badan Pengelolaan dan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPPLH) Bandarlampung. Kendaraan tersebut  akan difungsikan sebagai penguras septic tank (kakus) atau penyedot tinja.

“Motor ini difungsikan untuk menyedot tinja terutama di lokasi-lokasi padat penduduk. Motor ini bisa masuk ke gang-gang yang lebarnya cuma dua meter,” jelasnya Selasa (29/1) di halaman Pemkot Bandarlampung.

Dia juga mengungkapkan masyarakat bisa memanfaatkan motor penyedot tinja itu tanpa dipungut biaya atau gratis.

“Dua hari ke depan nanti di tangkinya ada tulisan nomer kontaknya, masyarakat yang membutuhkan tinggal telpon saja dan tidak ada biayanya atau gratis,” jelas Herman HN.

Motor roda tiga bermerk HTM itu yang mampu menampung 600 liter itu dibeli bukan mengggunakan dana APBD tapi dana pribadi.

“Saya gunakan dana bantuan swasta untuk program ini. Kalau program ini berjalan baik, mudah-mudahan kita akan tambah lagi armadanya, menggunakan dana APBD tahun 2020,” kata Herman HN.

Sementara itu staf BPPLH Bandarlampung menjelaskan motor roda tiga penyedot tinja itu harganya sekita Rp.45 juta per unitnya. Dan untuk mensosialisasikannya pihaknya akan memanfaatkan media sosial BPPLH.

“Untuk nomer kontaknya kami akan soaialisasikan di akunt facebook BPPLH,” katanya.

Dandy Ibrahim

Loading...