Pemkot Bandarlampung Harapkan Kontribusi PT Bukit Asam

Inilah kereta api batu bara rangkaian panjang (KA Babaranjang) yang sudah puluhan tahun melintasi Kota Bandarlampung untuk mengangkut batu bara milik PT Bukit Asam dari Sumatera Selatan menuju ke Panjang, Bandarlampung. Foto: Flickr.com/Ilustrasi
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bandarlampung M. Ramdhan mengharapkan adanya kontribusi dari PT Bukit Asam (BA) untuk pelaksaan pembangunan di kota ini.

“Selama ini kontribusi itu tidak ada. Kontribusi berupa dana ya, yang saya tahu bantuan itu berupa barang dari corporate social responsibility (CSR) mereka (PT BA),” kata Ramdhan, Rabu (2/3/2022).

Dia menilai PT BA sudah sewajarnya bila memberikan bantuan dana ke Pemkot Bandarlampung karena kereta pengangkut batu baru melintas di Kota Bandarlampung.

“Secara tidak langsung melintas di kota ini dan mengakibatkan kemacetan kalau kereta Batu bara rangkaian panjang (Babaranjang) itu lewat. Nah, saya nilai wajar donk kalau PT BA kasi kita kontrobusi,” ujarnya.

Dari pantauan teraslampung.com, lewatnya kereta pengangkut batu bara yang menggunakan dua lokomotif dengan 60 rangkaian. Pengendara harus menunggu sekitar 2 menit lebih. Untuk itu Plt Kepala BPKAD Kota Bandarlampung M. Ramdhan meminta kontribusi ke PT BA.

“Kita harapkan kontribusi itu karena lebih bermanfaat, kontribusi kalau sampe Rp5 milyar/bulan kan bagus untuk kebaikan kota ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui PT BA sudah memberikan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) pada tanggal 9 Oktober 2020 dan I unit ekskavator mini pada24 maret 2021 ke Pemkot Bandarlampung.

Dandy Ibrahim