Beranda Ruwa Jurai Bandarlampung Pemkot Bandarlampung Mulai Operasikan 12 Ambulans Baru

Pemkot Bandarlampung Mulai Operasikan 12 Ambulans Baru

319
BERBAGI
Walikota Herman HN memeriksa kelengkapan ambulan baru di halaman Pemkot Bandarlampung
Walikota Herman HN memeriksa kelengkapan ambulans baru di halaman Pemkot Bandarlampung, Kamis (16/7/2020).

TERASLAMPUNG.COM — Pemkot Bandarlampung mulai Rabu (16/7/2020) mengoperasikan 12 ambulan baru dan akan siaga di Tugu Adipura menggantikan ambulans yang lama.

“Ke 12 mobil ambulans yang baru ini tetap gratis untuk masyarakat Bandarlampung. Sedangkan ambulans lama akan dialihan ke puskesmas-puskesmas untuk menunjang kinerja petugas dalam melayani kesehatan warga,” jelas Walikota Herman HN usai memeriksa kelengkapan ambulan tersebut di halaman Pemkot Bandarlampung, Kamis, 16 Juli 2020.

Ambulans baru tersebut lebih lengkap dibanding ambulans lama. Antara lain dilengkapi  dua tabung gas oksigen, lemari etalase, tempat cuci tangan, dan kotak pendingin.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, Edwin Rusli, mengatakan dengan bertambahnya ambulan baru ini secara keseluruhan armada ambulan yang dimiliki Pemkot Bandarlampung sebanyak 92 unit.

“Sebelumnya kita memiliki 80 unit ambulan ditambah 12 unit sekarang jadi 92 unit yang ditempatkan di masing-masing puskesmas dan disiagakan di Tugu Adipura,” katanya.

Menurut Edwin, 12  ambulans baru tersebut dibeli melalui dana aloksai khusus (DAK). Harga tiap unitnya  berkisar Rp300 juta.

“Kami belinya pakai DAK, bukan pakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). DAK untuk kesehatan tidak ada yang dikurangi pada pandemi COVID-19 ini,” katanya.

Dandy Ibrahim