Pemkot Bandarlampung Serahkan Bantuan Operasional bagi Pondok Pesantren

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Pemkot Bandarlampung memberikan bantuan operasional bagi pondok-pondok pesantren¬† dengan total Rp4,250 milyar dan diberikan secara dua tahap.

Sedangkan penyerahan bantuan tersebut diberikan secara simbolis oleh Walikota Eva Dwiana, di Gedung Semergou, Selasa 31 Januari 2023.

“Selain bantuan kepada pondok pesantren, Pemkot juga memberikan bantuan bagi masjid yang berornamen Lampung serta bantuan untuk perayaan hari-hari besar Islam,” kata Eva Dwiana dalam sambutannya.

Selain itu, Eva Dwiana menjelaskan tahun 2023 ini Pemkot mengadakan  program Bina Lingkungan (Biling) bagi anak-anak yang akan masuk pesantren serta SMA/SMK.

“Tahun ini Pemkot ada program Biling pesantren bagi keluarga yang belum mampu. Jadi, kalau ada anak-anak dari keluarga di sekitar pesantren, bisa belajar di pesantren itu dan biaya ditanggung Pemkot,” jelasnya.

“Selain Biling pesantren, Pemkot juga memberikan beasiswa bagi anak berprestasi yang akan masuk SMA/SMK. Total kita siapkan bagi Biling pesantren dan beasiswa SMA/SMK untuk 1.000 anak,” tambahnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Sosial, Aklim Sahadi mengatakan, tujuan pemberian bantuan bagi pondok pesantren ini adalah untuk meningkatkan kehidupan beragama khususnya di pondok pesantren.

“Selain itu, untuk meningkatkan hubungan lebih dekat antara Pemkot dengan pondok pesantren,” katanya.

“Bantuan ini bagi 85 pesantren, setiap pesantren mendapat Rp25 juta dan hari ini sudah bisa dicairkan. Bantuan hari ini bantuan tahap dua, tahap pertama kita berikan pada bulan April 2022 yang lalu nilainya sama Rp25 juta juga,” ujar Aklim Sahadi yang juga Kepala Bidang (Kabid) Perbendaharaan di BPKAD itu.

Dandy Ibrahim