Pemprov dan BP2MI Fasilitasi Kepulangan Jenazah PMI Asal Lampung

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Tenaga Kerja bekerjasama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memfasilitasi kepulangan dua jenazah PMI asal Lampung.

Kedua Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Lampung yang diketahui bekerja di Taiwan tersebut yaitu Septiana Nursari asal Kota Metro yang meninggal karena sakit dan Triyani asal Kabupaten Lampung Selatan yang meninggal akibat terjatuh dari lantai 4.

Proses pemulangan kedua jenazah asal Lampung tersebut bersamaan dengan kepulangan 121 PMI dan 8 jenazah PMI lainnya menggunakan pesawat Batik Air, yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Banten, pada Jumat (20/8/2021) malam.

“Dari delapan jenazah PMI tersebut, ada dua orang yang berasal dari Lampung. Mereka sempat tertahan beberapa bulan di Taiwan karena terkendala transportasi,” kata Kepala UPT BP2MI Lampung, Ahmad Salabi.

Sebelumnya, pada 2016 lalu jenazah BMI asal warga Brajacaka, Lampung Timur, baru bisa dibawa pulang ke Lampung setelah sempat telantar 1,5 bulan di Malaysia.

Purwanto (45), ayah Agus Insucahyo, menuturkn ketika berangkat ke Malaysia pada 2013 lalu Agus dalam keadaan sehat sehat. Selama di Malaysia Agus tidak pernah mengeluh sakit. Sebab itulah berita sakit yang diterima dari seorang kawan Agus beberapa minggu yang lalu sangat mengagetkan. Apalagi ketika keluarga diberitahu bahwa Agus menderita gagal ginjal dan dalam kondisi tidak mungkin dibawa pulang ke Indonesia.

Agus berangkat ke Malaysia bersama dengan kawan-kawannya dengan tanpa melalui prosedur yang seharusnya atau ilegal,lewat Batam. Karena keberadaannya sebagai TKI ilegal, Agus tidak memungkinkan untuk mendapatkan perawatan yang optimal selama di Malaysia.

  • Bagikan