Beranda Ruwa Jurai Mesuji Pemprov Lampung akan Cetak 15.260 Sawah Baru pada 2016

Pemprov Lampung akan Cetak 15.260 Sawah Baru pada 2016

306
BERBAGI
Wagub Lampung Bachtiar Bsri dan Bupati Mesuji Khamami menanam padi dengan mesin.

MESUJI, Teraslampung.com — Untuk memenuhi target bisa memenuhi target produksi gabah 4,3 juta ton/tahun sekaligus nengimbangi laju alih fungsi lahan pertanian, Pemprov Lampung memprogramkan pencetakan sawah seluas 15.260 hektare di sejumlah kabupaten.kota di Lampung.

Proyek pencetakan sawah baru itu antara lain di Mesuji seluas 6.000 Ha, Tulangbawang 4.850 Ha, Tulangbawang Barat 1.000 Ha, Way Kanan 1.240 Ha, Pesisir Barat 500 Ha, Lampung Tengah 1.270 Ha, Pesawaran 350 Ha,dan Metro seluas 50 Ha.

“Kami berharap kegiatan pencetakan sawah baru di Provinsi Lampung dapat terus didukung oleh pemerintah pusat, sehingga Provinsi Lampung dapat sepenuhnya mendukung upaya peningkatan produksi padi secara berkelanjutan,” kata Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, ketika melakukan panen perdana di  lokasi sawah baru hasil program pencetakan sawh baru di Desa Tebing Karya Mandiri Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji, Kamis (31/3/2016).

Di lokasi itu, Wagub Bachtiar Basri dan Bupati Mesuji, Khamami, juga melakukan penanaman padi dengan alat mesin.

Menurut Bachtiar Basri, untuk memenuhi target produksi gabah 4,3 juta ton/tahun. pada 2015 alu Pemprov Lampung didukung dana pemerintah pusat mencetak sawaah baru seluas 1.100 Ha di Kabupaten Mesuji.

Wagub mengatakan, untuk mendorong peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai di Provinsi Lampung, Pemprov Lampung juga melakukan sejumlah upaya.Antara lain merevisi Peraturan Gubernur tentang Pola Tanam dan memberikan bantuan pratanam kepada para petani.

“Pada kesempatan ini, kami juga menyatakan bahwa Lampung siap mendukung terwujudnya swasembada padi, jagung dan kedelai termasuk juga cabe dan bawang merah. Bantuan yang diberikan kepada Provinsi Lampung akan Kami jawab dengan kinerja peningkatan produksi”, ujarnya.