Pemprov Lampung akan Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani dari Kementan

  • Bagikan
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan panen raya.

TERASLAMPUNG.COM — Kementerian Pertanian (Kementan) akan memberikan penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung. Rencananya, penyerahan penghargaan tersbut akan dilakukan Wapres Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden pada Senin pekan depan (13 September 2021).

Menurut Kementan penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas kinerja Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia dan meningkatkan ekspor produk pertanian, juga sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 24 September 2021 mendatang.

Data di Pemprov Lampung menyebutkan, pembangunan sektor pertanian di Lampung terus meningkat. Sektor pertanian Provinsi Lampung mampu tumbuh secara positif. Salah satunya dari besaran produksi padi, Provinsi Lampung Tahun 2020 mencapai sebesar 2,65 juta ton gabah kering giling (GKG) atau meningkat 22,47% dari produksi padi tahun 2019.

Menurut Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto, hal itu akan terus dijaga oleh Gubernur Lampung dengan meluncurkan kebijakan strategis, yaitu berupa program Kartu Petani Berjaya (KPB).

“Program ini diharapkan memberikan berbagai kemudahan kepada petani dalam proses produksi dan pemasaran hasil pertanian,” kata Fahrizal, Jumat (10/9/2021).

Fahrizal mengatakan tumbuh dan berkembangnya sektor pertanian berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi Lampung.

Menyitir data BPS Lampung, Fahrizal mengatakanpada 5 Agustus 2021 pertumbuhan ekonomi Lampung menunjukan kecenderungan positif.

“Besaran pertumbuhan ekonomi pada Triwulan I-2021 secara q-to-q, Lampung tumbuh 3,04% dan Triwulan II-2021 tumbuh 6,69%, angka ini merupakan angka pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Sumatera,” katanya.

  • Bagikan