Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pemprov Lampung Belum Terima SK Pengangkatan Budi Utomo Sebagai Bupati Lampura

Pemprov Lampung Belum Terima SK Pengangkatan Budi Utomo Sebagai Bupati Lampura

113
BERBAGI
Pelaksana Tugas Bupati Lampung Utara, Budi Utomo

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Beberapa hari terakhir santer tersiar kabar bahwa ‎Surat Keputusan Pengangkatan Budi Utomo sebagai Bupati Lampung Utara telah ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri. Bahkan, pelantikan Budi Utomo diperkirakan akan dilakukan paling lambat pekan depan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Lekok, pun membenarkan bahwa SK pengangkatan Budi Utomo telah ditandatangani oleh Mendagri. Informasi itu didapatnya dari Pemerintah Provinsi Lampung.

‎”Menurut info dari (Pemerintah) Provinsi Lampung benar bahwa SK Budi Utomo sudah ditandatangani oleh Mendagri,” kata Lekok melalui WhatsAp, Selasa sore (20/10/2020).

Sayangnya, SK tersebut sampai sekarang masih belum diterima oleh Gubernur Lampung. Jika SK itu telah diterima maka Pemerintah Provinsi Lampung akan segera menjadwalkan pelantikan Budi Utomo.

Pelantikan seorang bupati merupakan wewenangnya Pemerintah Provinsi Lampung. Yang melantiknya pun adalah Gubernur Lampung sesuai aturan yang ada. Dengan demikian, sama sekali tidak ada persiapan khusus yang dipersiapkan oleh Pemkab Lampung Utara terkait prosesi itu.

“Kabupaten dalam hal ini Budi Utomo adalah ‘pengantin’, yang punya hajat adalah Pemprov Lampung,” ‎jelasnya lagi.

Di lain pihak, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemrov Lampung, Nirlan‎, masih menunggu turunya SK itu dari Kemendagri. Sebab itu, kata dia, pihaknya tak ingin gegabah menyatakan bahwa SK itu telah ditandatangani oleh Mendagri.

“(SK-nya sudah ditandatangani atau belum) saya belum bisa ngomong karena kami belum terima SK-nya,” tegas dia.

Jika SK itu telah mereka terima maka sudah barang pasti mereka telah mempersiapkan segala keperluan untuk prosesi sakral tersebut. Bandarlampung akan menjadi lokasi pelantikan Budi Utomo karena yang akan melantiknya ialah Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

“Kalau sudah terima pasti sudah (ada) persiapan (yang dilakukan)” paparnya.

B‎udi Utomo ‎diusulkan oleh DPRD Lampung Utara menjadi Bupati Lampung Utara usai Agung Ilmu Mangkunegara resmi diberhentikan dengan tidak hormat. Keputusan pemberhentian Agung dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor : 131.18-2764 tahun 2020 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Lampung Utara Provinsi Lampung. Pemberhentian AIM dan pengusulan Budi Utomo dilakukan dalam sidang paripurna DPRD pada 10 September lalu.

Dalam Pilkada tahun 2018 silam, mantan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dengan penuh percaya diri menggandeng Budi Utomo (Abdi) sebagai pasangannya yang baru. Kepercayaan diri AIM bukanlah tanpa alasan dikarenakan popularitasnya dianggapnya jauh meninggalkan dua kandidat lainnya. Bahkan, saking populernya AIM, konon kabarnya para pendukung yakin AIM pasti akan tetap menang meski berpasangan dengan sandal jepit sekalipun.

Sayangnya, meski sukses mengalahkan para pesaingnya dan dilantik pada akhir Maret 2019, AIM ditangkap KPK pada awal Oktober 2019 silam. Ya, hanya‎ 7 bulan saja pasangan itu bersama – sama menikmati indahnya kemenangan.

Berdasarkan putusan sidang di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjung Karang, tanggal 2 Juli 2020, Agung Ilmu Mangkunegara divonis bersalah dan dihukum penjara selama 7 tahun serta membayar uang pengganti sebesar Rp74 miliar lebih.