X
    Categories: Pusiban

Pemprov Lampung Ekspose Pembangunan Jalan Tol di Mapolda

illustrasi jalan tol

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Provinsi Lampung Tauhidi, selaku Ketua Tim I Percepatan Pembangunan Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar mengadakan ekspose pembangunan jalan tol di Mapolda Lampung, Selasa (7/4).

Dalam pemaparannya Asisten I Bidang Pemerintahan Provinsi Lampung Tauhidi mengatakan rencana pembangunan jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Propinsi Lampung meliputi Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran dan Lampung Tengah dengan panjang keseluruhannya yaitu 140,41 Km dengan luas 2.671,62 Ha.

Panjang di wilayah Kabupaten Lampung Selatan yaitu 104,7 Km dengan luas 1.867,70 Ha sedangkan di wilayah Kabupaten Pesawaran sepanjang 5,60 Km dengan luas 135,18 Ha dan Wilayah Kabupaten Lampung Tengah sepanjang 30,11 Km dengan luas 668,48 Ha.

Menurut Tauhidi wilayah yang dilalui ruas jalan tol dimasing-masing kabupaten adalah  Kabupaten Lampung Selatan terdiri dari 11 Kecamatan dan 50 desa, Kabupaten Pesawaran meliputi 1 kecamatan dan 6 desa, Kabupaten Lampung Tengah meliputi 4 kecamatan dan 18 desa.

Menurut Tauhidi, dalam proses pelaksanaan pengadaan tanahnya, Tim mengacu pada UU No.2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, yakni dengan melalui 4 tahapan, yakni : 1. Perencanaan, 2. Persiapan, 3. Pelaksanan 4. Penyerahan Hasil.

Asisten Bidang Pemerintahan Pemerintah Propinsi Lampung mengatakan sejauh ini Tim telah melakukan langkah persiapan dengan hasil telah dipasang center line dari Pesawaran ke Lampung Tengah sudah 10km dengan ROW 7 Km, sehingga Pesawaran dengan jarak 5,6 Km dengan sudah clear centre line 4 ROW. ROW sudah masuk ke Lampung Tengah 1,4 Km dari Pesawaran. Dan saat ini sedang bergerak mundur dari Terbanggi Besar 4Km (centre line) dengan ROW 2,5Km.

Rls

Teras Lampung :Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya