Pemprov Lampung akan Kembangkan Wisata Taman Nasional Way Kambas

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk mengembangkan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) sebagai destinasi utama dan unggulan dalam pembangunan sektor pariwisata di Lampung. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung dan Dinas Kehutanan Provinsi Lampung ditunjuk sebagai motor penggeraknya.

“Pada Januari 2017, TNWK sudah bisa dijadikan salah satu destinasi pariwisata nasional. Januari 2017 adalah momentum penting bagi pengembangan sektor pariwisata di Provinsi Lampung,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono, dalam Seminar Nasional “Ayo ke Taman Nasional Way Kambas” yang ditaja Provinsi Lampung di Balai Keratun, Kompleks Pemda Provinsi Lampung, Selasa, 15 November 2016.

Menurut Sutono, pada Januari 2017 Bandara Udara Raden Inten II akan diresmikan sebagai bandara internasional, sehingga diprediksi akan ada peningkatan wisatawan ke Lampung.

“Makanya, semua destinasi pariwisata terutama TNWK  harus sudah siap menerima kunjungan,” kata dia.

Sutono mengajak semua pemangku kepentingan (stakeholder)r mendukung program Pemprov Lampung untuk mengembangkan Taman Nasional Way Kambas. Program dengan motto “Mewujudkan Taman Nasional Way Kambas Menjadi Destinasi Wisata Dunia” itu, dikampanyekan dengan tajuk “Ayo ke TN Way Kambas”.

“Way Kambas membuka diri bagi para investor. Siapa saja boleh terlibat dalam membangun fasilitas yang ada di TNWK,” kata Sutono.

Untuk memudahkan swasta terlibat dalam pengembangan TNWK, TNWK membuka diri dengan menyampaikan beberapa potensi destinasi wisata yang ada di dalam kawasan TNWK. Kepala TNWK, Subakir, mengatakan pihaknya sudah mendata sejumlah objek wisata di dalam kawasan TNWK yang membuka diri terhadap kehadiran swasta.

“Pihak swasta bisa masuk dan investasi di TNWK. Silakan pilih, mau mengembangkan objek yang mana. Kami memiliki lebih 10 objek yang bisa dikembangkan swasta,” kata Subakir.

Peluang TNWK menjadi destinasi pariwisata nasional bahkan internasional sempat disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi, saat membuta Festival Way Kambas, Jumat lalu (11/11/2016).

BACA: Buka Festival Way Kambas 2016, Menpora: Way Kambas Harus Jadi Destinasi Wisata Dunia

“Taman Nasional Way Kambas (TNWK) ini, sangat layak jual menarik wisatawan manca negara dan menjadi destinasi wisata dunia,”kata Nahrowi, Jumat (11/11/2016).

Dikatakannya, pihaknya yang saat ini masih diberikan jabatan duduk di kursi jajaran kabinet, pastinya siap membantu dalam mempromosikan wisata gajah di TNWK ini, untuk mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat untuk pengembangan.

Festival Way Kambas XVI tahun 2016 yang digelar pada 11 hingga 13 November 2016 tercatat sebagai festival termeriah dalam 18 tahun terakhir. Kemeriahan itu ditunjukkan dengan membeludaknya pengunjung yang mencapai ratusan ribu orang pada hari ketiga, sehingga jalan menuju TNWK macet total hingga belasan kilometer selama beberapa jam.

Sayangnya, membeludaknya pengunjung itu tidak diantisipasi panitia. Kantung parkir yang terbatas dan, jalanan sempit dan rusak, serta kedatangan pengunjung dalam waktu bersamaan menyebabkan kemacetan menuju TNWK tidak bisa dihindarkan.

Soal jalan rusak di dalam TNWK, Bupati Lampung Timur Chusnania mengaku sudah membantu memperbaikinya.

“Kami membantu memperbaiki ruas jalan menuju Pusat Konservasi Gajah TNWK sepanjang empat kilometer,” kata Nuniek, sapaan akrab Bupati Chusnania.

  • Bagikan