Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pemprov Lampung Pastikan Pelantikan Budi Utomo Dilantik sebagai Bupati Lampura Dilakukan Pekan...

Pemprov Lampung Pastikan Pelantikan Budi Utomo Dilantik sebagai Bupati Lampura Dilakukan Pekan Depan

103
BERBAGI
Pelaksana Tugas Bupati Lampung Utara, Budi Utomo

Feaby  Handana | Teraslampung.com

Kotabumi–Pemerintah Provinsi Lampung memastikan pelantikan Budi Utomo‎ sebagai Bupati Lampung Utara akan dilakukan di Bandarlampung pada‎ Selasa (3/11/2020). Kepastian jadwal ini didapat usai Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Lampung menggelar rapat bersama perwakilan Pemkab Lampung Utara, Selasa (27/10/2020).

“Sesuai hasil rapat, pelantikan beliau dijadwalkan pada tanggal 3 November mendatang,” terang Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Lampung, Nirlan melalui ponselnya, Selasa (27/10/2020).

Adapun pejabat yang akan mengambil sumpah dan melantik Budi Utomo ialah Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi. Lokasi pelantikan akan berlangsung di Balai Keratun Pemrov Lampung.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan lantaran Bandarlampung masih berstatus zona merah Covid-19, Nirlan mengatakan, pihaknya akan menerapkan protokol kesehatan ketat di lokasi pelantikan. Para pejabat atau undangan yang hadir dibatasi hanya 50 orang saja.

“Dari pihak keluarga pak Budi hanya tiga orang. Untuk pejabat Pemkab Lampung Utara dibatasi hanya maksimal lima orang saja,” tegas dia.

‎Di sisi lain, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Lekok membenarkan kabar gembira yang telah ditunggu – tunggu tersebut. Jadwal pelantikan ini didapatnya usai rapat bersama antara Pemprov Lampung dengan Pemkab Lampung Utara.

“Jadwal pelantikan pak Budi Utomo‎ sudah ditetapkan pada tanggal 3 November mendatang,” tulisnya dalam WhatsApp-nya.

B‎udi Utomo ‎diusulkan oleh DPRD Lampung Utara menjadi Bupati Lampung Utara usai Agung Ilmu Mangkunegara resmi diberhentikan dengan tidak hormat. Keputusan pemberhentian Agung dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor : 131.18-2764 tahun 2020 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Lampung Utara Provinsi Lampung. Pemberhentian AIM dan pengusulan Budi Utomo dilakukan dalam sidang paripurna DPRD pada 10 September lalu.

Dalam Pilkada tahun 2018 silam, mantan Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dengan penuh percaya diri menggandeng Budi Utomo (Abdi) sebagai pasangannya yang baru. Kepercayaan diri AIM bukanlah tanpa alasan dikarenakan popularitasnya dianggapnya jauh meninggalkan dua kandidat lainnya. Bahkan, saking populernya AIM, konon kabarnya para pendukung yakin AIM pasti akan tetap menang meski berpasangan dengan sandal jepit sekalipun.

Sayangnya, meski sukses mengalahkan para pesaingnya dan dilantik pada akhir Maret 2019, AIM ditangkap KPK pada awal Oktober 2019 silam. Ya, hanya‎ 7 bulan saja pasangan itu bersama – sama menikmati indahnya kemenangan.

Dalam sidang di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjung Karang, tanggal 2 Juli 2020, Agung Ilmu Mangkunegara divonis bersalah dan dihukum penjara selama 7 tahun serta membayar uang pengganti sebesar Rp74 miliar lebih.