Pemprov Lampung Percepat Penyelesaian Kendala Proyek JTTS

Rakor dan Ekspose masing-masing Pejabat Pembuat Komitmen tentang percepatan pengadaan tanah dan pembangunan JTTS ruas Bakauheni - Terbanggi Besar - Pematang Panggang, di Swiss-bell Hotel, Jumat (2/3/2018).
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM  — Sejumlah kendala masih ada dalam proyek Jalan Tol Trans Sumtera (JTTS) ruas Bakauheni (Lampung Selatan) — Terbanggi Besar (Lampung Tengah). Kendala-kendala yang berkaitan dengan tanggung jawab Pemprov Lampung (pembebasan lahan) terus diupayakan segera diselesaikan Pemerintah Provinsi Lampung.

“Saat ini diperlukan koordinasi dan kerja keras agar mampu menyelesaikan JTTS sesuai target. Pemprov Lampung terus berupaya dan mendukung kemajuan dalam mempercepat kemajuan pembangunan JTTS. Untuk itu, diperlukan koordinasi dan kerja keras sehingga mampu menyelesaikan JTTS sesuai target yang telah ditetapkan,” kata Plt. Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung, Taufik Hidayat, dalam Rakor Percepatan Pengadaan Tanah dan Pembangunan JTTS Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang, di Swiss-bell Hotel, Jumat (2/3/2018).

Taufik mengatakan masih ada sejumlah masalah pembebasan lahan untuk proyek JTTS. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah untuk menyelesaikan persoalan sehingga memudahkan percepatan progres pembangunan JTTS.

“Untuk segmen satu (Bakauheni-Terbanggi besar) hanya terdapat sedikit persoalan lahan di beberapa titik, namun hanya menunggu keputusan pengadilan untuk eksekusi lahan. Dan untuk segmen dua (terbanggi besar-pematang panggang) masih ada beberapa persoalan yang lebih banyak dari segmen satu. Untuk itu, perlu meningkatkan koordinasi sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang ada, seperti melakukan pendekatan kepada masyarakat dan koordinasi dengan BPN,” jelasnya.

Taufik mengimbau kepada para PPK untuk segera menginformasikan kepada Pemprov Lampung dan Tim Percepatan JTTS terkait informasi terkini permasalahan yang ada. “Kita harus meningkatkan koordinasi dan tolong informasikan kepada kami terkait update permasalahan yang muncul, sehingga kami dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul,” ujarnya.

Terkait target yang diberikan Presiden Jokowi saat meresmikan JTTS, Taufik menjelaskan pihaknya terus berupaya untuk menyelesaikan JTTS sesuai dengan target yang diberikan. “Tentunya kita berharap JTTS ini dapat selesai sesuai dengan target yang diberikan Presiden Jokowi yakni sebelum pergelaran Asean Games dimulai,” harapnya.

Hal senada disampaikan Kanwil BPN Lampung Bambang Hendrawan, bahwa perlu segera menyelesaikan permasalahan yang muncul dengan meningkatkan sinergi semua pihak.

“Tolong sampaikan daftar terkait hal-hal yang BPN belum penuhi. Sehingga pihak kami dapat segera mengambil langkah untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang muncul,”kata Bambang.