Pemprov Sumut Siapkan Stimulus Covid-19 Rp 260 Miliar untuk 1,3 Juta KK

  • Bagikan
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Foto: kumparan.com

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyiapkan stimulus sebesar Rp 260 miliar untuk membantu masyarakat tidak mampu yang terkena dampak penyebaran virus corona (Covid-19) di daerah tersebut.

“Bantuan ini akan diberikan kepada 1,3 juta kepala keluarga (KK) tidak mampu. Kami masih melakukan pendataan untuk memastikan kelayakan penerima bantuan,” ujar Edy Rahmayadi, Kamis (16/4/2020).

Mantan Pangkostrad ini mengatakan, bantuan yang akan dibagikan itu merupakan pengeluaran dalam satu bulan. Pemprov Sumut juga menyiapkan anggaran dalam penanganan wabah Covid-19.

“Anggaran ini diambil dari refocusing anggaran kegiatan dan relokasi anggaran Pemprov Sumut tahun anggaran 2020. Setiap tahapan, kita sediakan anggaran penanganan sebesar Rp 500 miliar,” katanya.

Menurutnya, Pemprov Sumut juga menyediakan anggaran sebesar Rp 500 miliar untuk tahap kedua, dan begitu juga untuk tahapan ketiga.

“Meski begitu kami tidak berharap adanya tahapan kedua dan ketiga tersebut karena itu berarti dampak corona terus berlangsung,” katanya.

Edy mengatakan DPRD Sumut sudah memberikan dukungan terhadap pemerintah provinsi dalam menganggarkan dana bantuan untuk masyarakat tidak mampu dan penanganan Covid-19 tersebut.

“Kami juga sedang mengkaji persoalan fasilitas kesehatan di rumah sakit, dokter dan perawat serta menjaga agar operasional perusahaan tetap berjalan supaya tidak berlanjut ke pemutusan hubungan kerja (PHK),” katanya.

Beritasatu

Loading...
  • Bagikan