Beranda News Pusiban Pemprov Tetap Perhatikan Penyandang Disabilitas

Pemprov Tetap Perhatikan Penyandang Disabilitas

153
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM–Gubernur Lampung, M.Ridho Ficardo mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung sangat perhatian terhadap Penyandang Disabilitas, salah satu upayanya adalah dibuatkan Perda Nomor 10 Tahun 2013 tentang Penyandang Disabilitas.

“Upaya kami agar penyandang disabilatas tidak dibedakan maka pemrov melahirkan perda, selain itu itu setiap tahun kami melaksanakan bimbingan bagi difabel dalam panti maupun luar bekerjasama dengan Panti Sosial Bina Tuna Rungu/ Wicara “Melati” di Bambu Apus dan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Vokasional Penyandang Disabilitas di Cibinong sebanyak 64 orang difabel fisik dan sekarang masih berlangsung di BLK Tanjung Karang,” jelas Gubernur Lampung dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni dan diterjemahkan oleh Dian Karina Wati mewakili Pusat Layanan Juru Bahasa Isyarat ketika membuka Musda ke III Gerkatin di Aula BLK Bandarlampung Sabtu (21/7).

Pada kesempatan yang sama, gubernur mendorong para pengusaha, BUMD maupun BUMN untuk dapat mempekerjakan para defabel sebanyak 1% untuk swasta dan 2% untuk pemerintah (BUMD dan BUMN) yang diamanatkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

“Kami meminta kepada BUMN dan BUMD serta pihak swasta untuk dapat mempekerjakan saudara – saudara kita penyandang difabel sebab penyandang disabilitas bukan hambatan untuk berkarya,” kata Gubernur Lampung.

Sementara itu, Ketua Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Lampung; Chandra Wijaya mengatakan dengan bahasa isyarat yang diterjemahkan oleh Etik Mudmainah relawan sosial dari UML bahwa Musda III ini dengan tema “Mempererat Ukhuwah dan Mengembangkan Jiwa Kepribadian Tuna Rungu Lampung” dihadiri oleh penyandang disabilitas rungu se Provinsi Lampung sebanyak 200 orang.

Musda ke III Gerkatin juga dihadiri ketua DPP Gerkatin, Bambang Prasetyo, DPD Pertuni Lampung Supron Ridisno,M.Pdi, ketua HWDI Siti Khotijah. Nampak hadir juga DR.Ir.Perwira Ady, SH.MM. penasehat Gerkatin yang juga mantan ketua PPDI Lampung serta Kasie Rehabsos Disabilitas Dinsos Lampung, Sutikno.(rls)