Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Pemuda-Pemudi Lampung Utara Lebih Suka Bekerja di Luar Lampung

Pemuda-Pemudi Lampung Utara Lebih Suka Bekerja di Luar Lampung

373
BERBAGI
Ilustrasi

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Entah karena minim lapangan kerja atau hanya sekadar mencari pengalaman, ribuan pemuda/pemudi Lampung Utara lebih suka bekerja di luar Lampung tiap tahunnya.

Hingga Agustus 2018 ini saja, jumlah warga Lampung Utara yang mencari kerja telah mencapai 2.869 orang. Data ini berasal dari Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Disnakertrans Lampura).

“Berdasarkan data kami, sampai Agustus ini ada 2.869 orang pencari kerja yang sudah tercatat,” terang Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Lampura, Mikael Saragih, kepada wartawan, Senin (27/8/2018).

Ke-2.869 orang itu ‎terdiri dari 1.458 laki-laki dan 1.401 perempuan. Kebanyakan dari para pencari kerja itu mencari kerja di luar Provinsi Lampung dengan hanya bermodalkan ijazah SMA/sederajat.

“Kebanyakan mereka hanya berijazah SMA/sederajat,” tuturnya.

Saragih kembali mengatakan, ‎banyaknya para pencari kerja pada tahun ini bukan berarti jumlah pengangguran di Lampung Utara tinggi. Sebab, untuk menentukan berapa banyak jumlah pencari kerja atau pengangguran baru dapat dilakukan usai tahun berjalan.

“Tahun 2017 mengalami peningkatan jumlah penduduk yang bekerja dan adanya penurunan pengangguran jika dibandingkan tahun 2015. Sementara di tahun ini belum bisa kami rinci, karena waktunya sedang berjalan,” kata dia.

Loading...