Beranda Hukum Kriminal Penadah Barang Ini Jual— Beli Sepeda Motor Curian Melalui Akun Facebook

Penadah Barang Ini Jual— Beli Sepeda Motor Curian Melalui Akun Facebook

367
BERBAGI
Tersangka Daniel diperiksa di Polsekta Tanjungkarang Barat.

Zainal Asikin|teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Kepala Polsekta Tanjungkarang Barat, Kompol Harto Agung Cahyono, mengatakan tersangka Daniel,  penadah yang baru saja dicokok polisi, menjual dan membeli sepeda motor curian lewat akun Facebook.

“Daniel mencari motor yang dijual lewat akun facebook, tersangka sudah tiga kali membeli motor hasil curian. Tersangka menjual lagi melalui akun Facebook miliknya,” kata Kompol Harto Agung, Rabu (18/1/2017).

Pada saat membuka salah satu akun Facebook dan melakukan pencarian, kata Harto, tersangka Daniel melihat akun facebook yang menjual motor. Tersangka Daniel, menghubungi nomor kontak penjualnya, tersangka SR (DPO) yang ada di akun facebook tersebut.

“Daniel janjian bertemu dengan penjualnya (tersangka SR) di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Teuku Umar,”ujarnya.

Menurutnya, Daniel mengetahui kalau motor yang dijual oleh SR, dari hasil pencurian karena tidak dilengkapi surat-surat resminya. Sepeda motor Yamaha Mio Sporty hasil curian tersebut, dibeli Daniel dari SR seharga Rp 2,1 juta.

Saat akan melakukan transaksi dengan penjual motor, diketahui oleh petugas. Lalu petugas melakukan penyelidikan, dan didapati Daniel sedang mengendarai sepeda motor hasil curian yang baru saja dibelinya.
Saat akan ditangkap, tersangka Daniel melawan dan berusaha kabur. Petugas terpaksa melumpuhkan tersangka dengan tembakan di kaki.

“Dari penangkapan Daniel, disita barang bukti satu unit sepeda motor Yamaha Mio Sporty warna hijau BE 8591 PR. Motor tersebut, milik korban Frizka (22) yang hilang dicuri di Jalan Imam Bonjol, Kemiling 11 Januari 2017 lalu,”terangnya.

Harto menuturkan, tersangka SR mencuri motor korban, dengan pura-pura meminjam untuk menjemput istrinya. Namun Frizka tidak curiga, kalau sepeda motornya mau dicuri dengan SR. Karena tersangka SR, sering datang kerumah korban bersama istrinya. Selain itu juga, korban dan SR adalah berteman.

Selanjutnya, SR yang membawa motor korban tidak kembali lagi, lalu korban menghubungi nomor ponsel SR tapi sudah tidak aktif lagi. Korban melaporkan kejadian pencurian itu, ke Mapolsekta Tanjungkarang Barat.

“Motor korban dijual oleh SR melalui facebook, pembeli motor hasil curian itu tersangka Daniel. Saat ini, kami masih kejar tersangka SR sebagai pelaku utama pencurian,”jelasnya.