Beranda News Pusiban Penanganan Covid-19, Ini Kata Kasdam Sriwijaya dan Kasrem Gatam

Penanganan Covid-19, Ini Kata Kasdam Sriwijaya dan Kasrem Gatam

221
BERBAGI
Webinar sosialisasi disiplin protokol kesehatan terkait Covid-19, di Ruang Command Center Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Bandarlampung, Senin (3/8/2020). Foto: Pemprov Lampung
Webinar sosialisasi disiplin protokol kesehatan terkait Covid-19, di Ruang Command Center Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Bandarlampung, Senin (3/8/2020). Foto: Pemprov Lampung

TERASLAMPUNG.COM — Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengatakan pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan berakhirnya. Oleh karena itu, semua pihak harus melakukan inovasi atau terobosan baru untuk mengatasi Covid-19.

“Pendampingan Pemda salah satu solusi dengan tetap mengutamakan keselamatan masyarakat, pengawasan ketat dan masif agar masyarakat dapat melaksanakan protokol kesehatan,” kata Brigjen Muhammad Zamroni pada acara webinar sosialisasi disiplin protokol kesehatan terkait Covid-19, di Ruang Command Center Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Bandarlampung, Senin (3/8/2020).

Menurut Kasdam, operasi pendampingan pendisiplinan tersebut harus dilaksanakan secara humanis agar masyarakat dapat disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

“Ini harus dilaksanakan dengan sunguh-sungguh,” ungkapnya.

Sementaar itu, Kepala Staf Korem (Kasrem) 043/Garuda Hitam (Gatam) Kolonel Infanteri Benny Sulistiono menjelaskan soal tujuan kenormalan baru atau new normal.

“Kebijakan new normal ini bertujuan untuk memulihkan sendi-sendi kehidupan yang terdampak oleh Pandemi Covid-19,” jelas Kasrem 043/Gatam Kol. Inf. Benny Sulistiono.

Kasrem Benny Sulistiono juga mencermati situasi dan kondisi yang tengah mencuat saat ini yakni ancaman dan tantangan pandemic Covid-19.

Menurutnya, sudah saatnya dihadapi dengan strategi ketahanan nasional untuk percepatan penanganan Covid-19 menuju new normal.

“Berdasarkan UU TNI no 34 tahun 2004 tentang tugas TNI dalam mengatasi bencana nasional dengan melaksanakan OMSP untuk membantu Pemerintah memutus mata rantai Covid-19 di Provinsi Lampung,” ujarnya.

Menurut Benny, TNI beserta masyarakat bahu membahu menanggulangi pandemic Covid-19 untuk memutus mata rantai antara lain dengan turut serta melaksanakan pendisiplinan protokol kesehatan bersama tim satgas Covid-19; memberikan teguran, sanksi dan menjatuhkan hukuman, terhadap pelaku pelanggaran protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku; memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kebiasaan lama menuju new normal; dan mengawal perda dalam rangka new normal.

Selain Kasdam dan Kasrem, Webinar juga diikuti Gubernur Arinal Djunaidi. Hadir pula Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Kabinda Provinsi Lampung Brigjen TNI Wahyu Hadi, dan beberapa Kepala OPD Pemprov Lampung.

Rl

Loading...