Beranda Pendidikan Kabar Sekolah Penasihat DWP Kemenag Ajak Pemangku Kepentingan Proaktif Wujudkan Madrasah Bersih dan Sehat

Penasihat DWP Kemenag Ajak Pemangku Kepentingan Proaktif Wujudkan Madrasah Bersih dan Sehat

648
BERBAGI
DWP Kemenag foto bersama dengan tim Unit Kesehatan Sekolah MTsN 2 Bandarlampung. (Foto: Arief/Kemenag)

TERASLAMPUNG.COM — Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama, Trisna Willy Lukman Hakim, mengajak para pemangku kepentingan madrasah proaktif dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang bersih dan sehat. Penegasan itu disampaikan istri Menteri Agama itu dalam acara kampanye bersih dan sehat, di MTsN 2 Bandarlampung, Rabu (15/3/3/2017).

“Kebersihan dan kesehatan merupakan salah satu aspek kemasyarakatan yang menjadi perhatian dalam sistem ajaran Islam. Konsep Islam mengenai kebersihan dan kesehatan harus dapat dipraktikkan dalam kehidupan madrasah,” katanya di hadapan peserta Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, di MTsN 2 Bandarlampung.

Menurutnya, untuk menciptakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di madrasah membutuhkan sikap proaktif dan keterlibatan seluruh elemen internal madrasah, seperti kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan, dan murid. Tidak hanya itu, menjaga kebersihan lingkungan juga perlu keterlibatan masyarakat.

“Jangan lupa kita juga perlu melibatkan elemen di luar madrasah, bisa Komite Madrasah, Kementerian Agama kabupaten/kota, Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan lain sebagainya,” ujarnya.

MTsN 2 Bandar Lampung yang menjadi tempat pembinaan ini akan mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Sekolah Sehat Unit Kesehatan Sekolah (LSS UKS) Madrasah tingkat nasional pada tanggal 24 – 29 April 2017 mendatang.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua DWP Kemenag Pusat Indah Nur Syam beserta jajaran pengurusnya, Ketua DWP Provinsi DKI Jakarta Umi Khairani Rahman, Ketua DWP Kemenag Provinsi Lampung Apriyani Suhaili dan Ketua DWP IAIN Raden Intan Lampung beserta segenap guru dan murid MTsN 2 Bandar Lampung. Hadir pula Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung Suhaili beserta seluruh jajarannya.

Terkait kebersihan di sekolah, pada tahun 2012 lalu Direktorat Pendidikan Madrasah telah menerbitkan buku Pedoman Teknis Pengelolaan Kebersihan Lingkungan Madrasah.

Pedoman Teknis tersebut menguraikan tiga hal, yaitu: (1) standar sarana dan prasarana pengelolaan dan pemeliharaan air limbah; (2) pedoman penyusunan Standard Operating Procedures (SOP) pengelolaan dan pemeliharaan air limbah; dan (3) pedoman pengelolaan sampah padat.

Trisna Willy berharap pedoman teknis tersebut bisa menjadi panduan bersama dalam membentuk lingkungan madrasah yang sehat dan bersih di Lampung.