X
    Categories: Kriminal

Pencuri Bawa Kabur Emas Senilai Ratusan Juta dari Rumah Warga Jagang Lampung Utara

ilustrsi pencuri

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Komplotan pencuri spesialis rumah kosong membobol kediaman Sriyana (50), di Desa Jagang, Abung Selatan, Lampung Utara, Rabu siang (7/3/2018).‎ Total kerugian yang diderita korban diperkirakan mencapai hampir Rp200 juta.

‎”Barang berharga korban yang dicuri, yakni perhiasan emas seberat 300 gram, laptop 1 unit dan uang tunai Rp10 juta,” kata Kapolsek Abung Selatan, Iptu Zulkarnaen, Kamis (8/3/2018).

Harga perhiasan emas di pasaran saat ini menyentuh nilai Rp580 ribu/gram, sedangkan jika dijual untuk tiap gramnya dihargai Rp560 ribu. Dengan demikian, diperkirakan kerugian korban mencapai Rp174 juta. Total ‎kerugian korban ditaksir mencapai hampir Rp200 juta (Rp174 juta emas+Rp10 juta uang tunai+1 unit laptop).

Pelaku pencurian yang diperkirakan lebih dari satu orang ini mulus beraksi di rumah korban dikarenakan rumah sedang ditinggal pemiliknya. Saat itu, korban sedang menjalankan manasik haji di daerah Tulang Bawang.

“Korban sedang manasik haji di Tulang Bawang. Jadi, rumah dalam keadaan kosong,” jelasnya.

Aksi pencurian ini pertama kali diketahui oleh korban pada pukul 14.00 WIB. Saat itu, korban curiga melihat keadaan rumahnya yang berantakan. Ia pun bergegas menuju kamarnya untuk memeriksa barang – barang berharga miliknya. Benar saja, seluruh barang berharganya sudah tak ada lagi.

“Begitu korban memeriksa kamarnya ternyata perhiasan eman dan barang berharga lainnya sudah enggak ada,” kata dia.

‎Para pelaku masuk ke dalam rumah, masih menurutnya, dengan cara memanjat tembok belakang rumah. Kemudian, pelaku merusak pintu dapur rumah korban. Setelah itu, para pelaku langsung menggeledah seisi ruangan untuk mengambil barang – barang yang menjadi target mereka.

“Para pelaku masuk melalui pintu belakang,” terangnya.

‎Di tempat berbeda, Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Lampung Utara, AKP Syahrial mengatakan, ‎jajarannya bersama pihak Polsek Abung Selatan sedang mendalami kasus ini.

“Kami sedang mengumpulkan keterangan saksi dan mengumpulkan barang bukti yang diperlukan,” jelas dia.

Teras Lampung :Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya