Beranda Hukum Kriminal Pencuri Kabel Telkom Dibekuk Warga

Pencuri Kabel Telkom Dibekuk Warga

721
BERBAGI
Ilustrasi

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Anggota Brimobda Polda Lampung bersama warga, menangkap basah Taufik (32) warga Desa Karanganyar, Jati Agung, Lampung Selatan ketika sedang mencuri kabel milik PT. Telkom di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Gunung Sulah dekat SMK Pelayaran Satria Bahari, Senin (1/6) dinihari sekitar pukul 02.00 WIB. Dalam menjalankan aksinya, Taufik bersama kedua temannya. Namun keduanya berhasil lolos melarikan diri.

Superviser Operasional Telkom Lampung, Heri Santoso menuturkan, aksi pencurian yang dilakukan oleh pelaku, mereka berpura-pura sebagai teknisi dari perusahaan Telkom, cara tersebutlah yang digunakan para pelaku melakukan pencurian kabel milik perusahaan.

Taufik bersama kedua rekannya  mendatangi sebuah tower kabel Telkom yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Gunung Sulah dekat SMK Pelayaran Satria Bahari. Ketika itu, taufik tengah
berada diatas tower memotong kabel Telkom.

Aksi pencuriannya di ketahui warga, lantaran kabel yang sudah terpotong oleh taufik, jatuh mengenai pagar teralis milik salah seorang warga yang rumahnya tidak jauh dari tower. Kebetulan rumah warga itu adalah milik salah satu anggota Brimobda Polda Lampung.

“Karena penasaran dengan adanya suara aktifitas disebelah rumahnya anggota brimob tersebut keluar dari rumah dan melihatnya. Ketika keluar, dia melihat ada dua orang yang sedang menunggu di bawah dan langsung lari kabur. Sementara taufik, berada diatas tower,”tutur Heri, Rabu (3/6).

Penasaran tersebut, sambung Heri Santoso, mengarah dugaan aksi mereka adalah pencuri. Ternyata benar, Taufik pun tidak bisa mengelak lagi setelah diminta turun dari atas tower dan dimintai keterangan.

“Taufik mengakuinya tengah mencuri kabel bersama kedua temannya. Saat itu juga, anggota Brimob bersama warga setempat menggelandang Taufik ke Mapolsekta Sukarame bersama barang bukti kabel curian sepanjang 40 meter,” ungkapnya.

Dikatakannya, pihaknya mengetahui adanya pencurian kabel setelah petugas dari Polsekta Sukarame menghubunginya. Ternyata benar yang hendak di curi oleh Taufik dan temannya adalah kabel milik perusahaan Telkom yang terletak di Jalan Urip Sumoharjo.

Menurutnya, kejadian pencurian kabel ini bukan kali pertama di wilayah Bandarlampung. Ada tiga lokasi lainnya kabel milik perusahaan yang hilang di curi, diantaranya kabel tower yang terletak di wilayah Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR) di Jalan Sultan Agung dan di Jalan Soekarno Hatta.

“Untuk diluar Kota Bandarlampung juga ada, yakni di Kota Metro itu ada delapan lokasi yang hilang kabelnya dicuri dengan cara di potong. Dugaan kami pelakunya bisa saja komplotan dari Taufik Cs ini,”ujarnya.

Dia menambahkan, mengenai kerugian akibat pencurian kabel tersebut, bukan hanya terletak pada kabelnya saja melainkan kerugian pihaknya adalah ratusan pelanggan yang terputus.

“Apabila setiap arena ada kabel yang terputus dan hilang, akibatnya sekitar 400 pelanggan merasa di rugikan untuk mengunakan fasiliatas Telkom. Hal inilah yang menjadi problem Telkom yang sering mati,”tandasnya.

Terpisah, sementara Kapolsekta Sukarame Kompol Lumban Gaol melalui Kanitreskrim Aiptu Supratman saat dikonfirmasi melalui ponselnya terkait pencurian kabel milik perusahan Telkom, membenarkan adanya peristiwa pencurian kabel milik Telkom tersebut. Satu orang pelaku pencurian, Taufik sudah diamankan saat ini masih dimintai keterangan untuk dikembangkan kasusnya.

”Iya benar, tersangka Taufik sudah diamankan dan saat ini di tahan di Mapolsekta Sukarame. Tersangka ditangkap oleh petugas Brimob dan warga disaat sedang mencuri kabel diatas tower, tersangka dan barang bukti kabel curian diserahkan kepada kami. Petugas saat ini masih memburu
dua rekannya yang ikut dalam melakukan pencurian,”kata Supratman kepada teraslampung.com, Rabu (3/6).atanya.

Loading...