Pencuri Kuras Rp200 Juta dari ATM BCA di Alfamart Jl. Pramuka Bandarlampung

atm jl pramuka bandarlamoung dibobol pencuri
ATM di Alfamart Jl.Pramuka Bandarlampung dibobol dengan mesin las. Uang seninai Rp 200-an juta di ATM tesebut raib.
Bagikan/Suka/Tweet:

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BCA yang berada di dalam toko Alfamart di Jalan Pramuka, Rajabasa, Bandarlampung dibobol kawanan pencuri menggunakan mesin las, Rabu (14/2/2018) dinihari sekitar pukul 01.30 WIB.

Akibat dari kejadian itu, uang senilai Rp 200 juta dan beberapa barang lainnya raib digondol para pelaku dari dalam toko waralaba tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun teraslampung.com, bagian bawah mesin ATM tersebut, kondisinya sudah rusak akibat di las oleh kawanan pelaku dan terbuka tanpa berankas. Sementara barang-barang lain yang berada disekitarnya tampak berantakan, selain itu juga ada beberapa barang lainnya didalam toko Alfamart itu digasak pencuri dan tempat tersebut telah dipasangi garis polisi.

Beberapa petugas kepolisian dari Satuan Reserse Kriminal dan Inafis Polresta Bandarlampung, sudah berada dilokasi dan langsung menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).

Menurut keterangan Iqbal, salah seorang karyawan Alfamart menuturkan, pertamakali yang mengetahui toko Alfamart tempatnya bekerja tersebut dibobol kawanan pencuri, yakni Triyono selaku kepala toko. Berselang taklama kemudian, barulah dirinya dan karyawan toko yang lain tiba dilokasi sekitar pukul 06.15 WIB.

“Jadi saat mau buka pintu toko, Triyono kaget karena dilihatnya mesin ATM Bank BCA itu kondisinya sudah rusak. Melihat mesin ATM itu rusak, kami langsung keluar toko,”ujarnya saat dilokasi kejadian, Rabu (14/2/2018) siang.

Sementara Kepala Toko, Triyono (28) membenarkan bahwa dirinya yang mengetahui pertamakali peristiwa tersebut, ia mengatakan, peristiwa pencurian itu baru diketahui pagi hari sekitar pukul 06.00 WIB, saat dirinya hendak membuka pintu toko .

Awalnya, kata Tri, pagi itu ia hendak membuka pintu toko untuk para karyawan toko yang akan masuk. Tapi belum saja pintu toko itu dibuka, ia melihat mesin ATM itu sudah rusak dengan dijebol bagian bawahnya.

“Mengetahui uang yang ada di mesin ATM itu sudah raib, saat itu juga saya mengajak dua karyawan lainnya keluar dari dalam toko. Saat itu juga, saya hubungi petugas Bhabinkamtibmas melaporkan kejadian pencurian tersebut,”ucapnya.

Triyono memperkirakan, mesin ATM yang dirusak komplotan pencuri tersebut, berisi uang tunai ratusan juta rupiah. Selain uang, para pencuri itu juga mengambil makanan ringan seperti coklat Silverqueen edisi Valentine, beberapa slop rokok Marlboro dan Sampoerna Evolution.

“Kalau uang yang ada di laci mesin kasir, tidak diambil oleh para pencuri ”ungkapnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang karyawan Alfamart lainnya bernama Silvi, setelah mengecek kondisi di dalam toko. “Ya benar, selain membobol ATM, komplotan pencuri itu juga mengambil coklat Silverqueen dan beberapa slop rokok,”ucapnya.

Menurut Silvi, ia baru mengetahui kalau ATM yang ada didalam toko Alfamart tempatnya bekerja sudah dibobol kawanan pencuri, saat ia masuk ke dalam toko sekitar pukul 06.15 WIB.

Sementara menurut keterangan pegawai Bank BCA yang datang ke lokasi kejadian mengatakan, bahwa mesin ATM tersebut baru diisi uang tunai Rp 230 juta pada Selasa (13/2/2018) kemarin. Namin pihaknya belum mengetahui secara pasti, berapa jumlah uang yang dibawa kabur kawanan pencuri.

“Kalau kerugian pastinya kami belum tahu, dan masih didata dulu karena sebagian uang yang ada di ATM ini sudah diambil nasabah. Ya kalau perkiraan sementara, sekitar diatas Rp 200 juta uang yang dibawa kabur pencuri itu,”ungkapnya.

Dari lokasi kejadian, petugas yang melakukan olah TKP menyita alat milik pelaku yang tertinggal dilokasi dan barang bukti lainnya untuk proses penyelidikan lebih lanjut.