Beranda Pendidikan Pendaftaran Siswa Baru SMP Jalur Biling di Bandarlampung Dimulai

Pendaftaran Siswa Baru SMP Jalur Biling di Bandarlampung Dimulai

302
BERBAGI
Suasana pendaftaran PPDB jalur Biling di aula SMPN 16 Bandarlampung (18/6)

TERASLAMPUNG.COM — Pendaftaran siswa SMPN di Bandarlampung yang melalui jalur Bina Lingkungan (Biling) serentak dimulai hari ini 18 Juni hingga 21 Juni 2019.

Dari pantauan teraslampung.com di SMPN 16 Telukbetung puluhan orang tua mengantar anaknya untuk mendaftarkan anaknya melalui jalur Biling atau biaya sekolah gratis di SMP yang berada di jalan Cipto Mangunkosumo itu.

Kepala SMPN 16 Purwadi mengimbau kepada para orang tua untuk mendaftarkan anaknya yang melalui jalur Biling di sekolah terdekat dari tempat tinggalnya.

“Saya mengimbau agar memilih sekolah yang terdekat dari rumah siswa atau siswi yang paling dekat. Percayalah kalau memang masuk katagori keluarga belum mampu pasti diterima,” katanya.

Tahun ajaran ini SMPN 16 menyiapkan 11 kelas atau sekitar 300an murid untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baik itu melalui jalur Biling maupun reguler.

“Kita gak bisa memberikan informasi berapa jalur Biling dan reguler yang akan diterima. Setelah pendaftaran Biling dilanjutkan dengan survei dari pihak sekolah untuk mengetahui apakah anak tersebut layak untuk mengikuti program Biling atau tidak,” katanya.

“Kemudian kami Muyawarah Kepala-Kepala Sekolah (MKKS) akan rapat untuk membagi anak-anak biling di SMP terdekat rumahnya. Setelah itu baru pada tanggal 26 sampai 28 Juni kita buka pendaftaran online bagi siswa reguler,” jelas Purwadi.

Sementara itu Wakil Kepala SMPN 16 bidang kesiswaan S. Tiko menambahkan pedaftaran siswa biling dimulai pukul 7.30 sampai 12.00 Wib.

“Kami akan upayakan hari ini sudah bisa mensurvey para pendaftaran yang melalui jalur Biling tujuannya supaya semua pendaftar bisa kita datangi rumahnya satu persatu,” jelasnya.

Pada bagian lain Yuyun orang tua yang mendaftarkan anaknya mengaku sangat terbantu dengan program Biling yang diluncurkan Walikota Bandarlampung yang juga merupakan program unggulannya.

“Anak saya yang pertama lulusan SMP ini (SMPN 16), sekarang saya mendaftarkan anak ke dua saya di sini,” kata Yuyun warga Kupang Teba.

Sebagai seorang ibu yang harus menafkahi ke dua anaknya program Biling ini sangat membantu meringankan biaya hidupnya.

“Saya punya suami tapi gak pernah kerja, sayalah yang banting tulang untuk menghidupi keluarga saya. Syukurnya anak saya di SMA 4 juga gak bayar uang sekolah,” ungkapnya

Untuk diketahui bagi siswa SMPN di Bandarlampung selain mendapat Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pusat yang besarnya Rp1 juta/anak/tahun. Pemkot Bandarlampung memberikan bantuan bagi sekolah untuk siswa Biling sebesar Rp 840 ribu/anak/tahun. Total seorang setiap siswa Biling mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan daerah sebesar Rp. 1.840.000 /anak/tahun.

Dandy Ibrahim

Loading...