Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap 2021 di Bandarlampung Dikawal Kejaksaan

  • Bagikan
Walikota Eva Dwiana bersama Kepala BPN Bandarlampung, Juju Tri

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Bandarlampung  Eva Dwiana mengatakan pada tahun 2021 Kota Bandarlampung mendapat kuota Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 2.000 bidang yang tersebar di semua kecamatan.

“Tahun ini kita mendapat 2.000 bidang untuk PTSL mudah-mudahan petugas di kelurahan dan kecamatan sudah memahami tugasnya masing-masing,” jelasnya usai membuka acara sosialisasi pengawalan dan pengamanan kegiatan proyek strategis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Gedung Semergou, Kamis 8 April 2021.

Sementara itu Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandarlampung Juju Tri menjelaskan PTSL kali mendapat pengawalan dari Kejaksaan agar masyarakat tahu apa yang menjadi kewajibannya.

“Selain itu,  para lurah, camat dan kelompok masyarakat (Pokmas) yang merupakan kepanjangan tangan walikota juga memahami apa yang menjadi kewajibannya dalam pelaksanaan PTSL supaya semuanya berjalan dengan baik,” jelasnya.

Menurutnya, yang sering timbul persoalan dalam program PTSL ini adalah biaya yang harus dibayar oleh masyarakat yang ikut dalam program PTSL karena bervariasi tidak ada ketetapan.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bandarlampung Abdullah Noer Deny  mengatakan, biaya PTSL itu berdasarkan kesepakatan masyarakat tapi jika ada indikasi biaya yang tidak realistis pihaknya siap untuk memprosesnya.

“Di Tangerang Pokmas minta Rp2 juta, kita proses kok. Di sini kalau ada seperti itu langsung lapor ke saya,” tegasnya.

Sosialisasi pengawalan dan pengamanan kegiatan proyek strategis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) itu dihadiri unsur Forkopimda serta para camat se-Kota Bandarlampung.

Dandy Ibrahim

Loading...
  • Bagikan