Beranda Ruwa Jurai Metro Penegakan Protokol Covid-19, Petugas Jaring Ratusan Pelanggar

Penegakan Protokol Covid-19, Petugas Jaring Ratusan Pelanggar

2162
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM –– Ketaan warga Kota Metro terhadap protokol Covid-19 masih rendah. Buktinya, baru empat hari Pemkot Metro menggelar operasi penegakan hukum protokol, sudah ada 388 pelanggar yang terjaring.

Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19 digelar Pemkot Metro berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 39 Tahun 2020. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Metro.

“Penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19 dilakukan sejak tanggal 21 sampai dengan tanggal 24 September 2020.  Penanggung jawab kegiatan tersebut dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Metro,” kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Metro, Imron, Senin (28/09/2020).

Menurut Imron, ada sejumlah bentuk pelanggaran ditemukan selama operasi. Pada  21 September 2020, misalnya,sebanyak 67 pelanggar tidak menggunakan masker. Pada 22 September sebanyak 181 pelanggar tidak menggunakan masker, dan 1 lokasi penutupan kafe yang menjadi diduga menjadi klaster penyebaran Covid-19.

Pada tanggal 23 September terdapat 72 pelanggar yang tidak menggunakan masker. Dan tanggal 24 terdapat 62 pelanggar yang tidak menggunakan masker.

“Jumlah pelanggar selama empat hari sebanyak 388 pelanggar dan 1 caffe ditutup sementara selam 14 hari. Sedangkan jenis sangsi berupa menyanyikan lagu Indonesia Raya, membersihkan fasilitas umum dan mengucapkan Pancasila,” kata Imron.

Imron juga memaparkan jenis pelanggaran yang mendapat sanksi adalah yang  tidak menggunakan masker, tidak menerapkan jaga jarak,  pengendaran roda dua  tidak menggunakan masker dan kendaran pribadi berpenumpang kurang lebih 50%.

Melihat situasi Covid-19 saat ini terus bertambah di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung, Pemerintah Kota Metro melakukan sosialisasi mobil keliling terkait New Normal dan Gerakan 3 M, Kamis (24/09/2020).

Sosialisasi mobil keliling yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Metro tersebut, bertujuan untuk mensosialisasikan tata cara new normal dan gerakan 3 M (Menggunakan masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan).

Tak hanya itu, saat berkeliling para petugas turut menyuarakan tentang sanksi bagi pelanggar Protokol Kesehatan sesuai dengan Perwali Nomor 39 Tahun 2020.