Beranda Ekbis Bisnis Penerbangan Garuda Indonesia Bandara Radin Inten II–Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Diresmikan

Penerbangan Garuda Indonesia Bandara Radin Inten II–Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Diresmikan

216
BERBAGI
Garuda Indonesia (ilustrasi)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com‎—Kepala Dinas Perhubungan Lampung Idrus Efeendi mewakili Gubernur Lampung Ridho Ficardo meresmikan penerbangan perdana Garuda Indonesia rute Lampung-Palembamg di Bandara Radin Inten II, Branti, Lampung Selatan, Jumat malam (19/6/2015).

Gubernur Lampung dalam sambutan yang dibacakan Kadis Perhubungan mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik  dibukanya jalur penerbangan perdana Bandara Radin Inten II Branti – Bandara Mahmud Badaruddin II Palembang oleh PT. Garuda Indonesia.

“Ini menunjukkan bahwa Provinsi Lampung merupakan wilayah yang strategis dalam bisnis penerbangan. Hal ini juga didukung dengan keseriusan Pemerintah Provinsi Lampung untuk terus memaksimalkan dan membangun fasilitas bandara,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, kehadiran Garuda Indonesia semakin membuat bisnis jasa penerbangan makin kompetitif dan terjangkau bagi masyarakat, sehingga membuat animo masyarakat untuk menikmati jalur penerbangan semakin tinggi, khususnya jalur Bandarlampung – Palembang.

Gubernur mengatakan,kondisi itu akan membuat Provinsi Lampung semakin maju, baik pada sektor ekonomi, sosial, politik dan kepariwisataan. Selain itu, dengan dibukanya rute – rute penerbangan oleh Garuda Indonesia,   maka    saat    ini   Lampung sudah terhubung secara langsung dengan Jakarta, Batam, Medan (via Batam) dan Palembang setiap harinya.

Saat ini, Pemerintah Provinsi Lampung telah menjalin  kerjasama dalam bentuk Goverment Online System (govOS) dengan PT. Garuda Indonesia, dengan masa perjanjian terhitung tanggal 04 Juni 2015 – 03 Juni 2016 (setahun), dan melalui Surat Edaran Nomor: 500/ 141/04/I/2015 tentang Kerjasama Goverment Online System, Tgl. 12 Juni 2015.

Disebutkan bahwa  tiket perjalanan dimana pada Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD Pemerintah Provinsi Lampung mendapatkan diskon sebesar 11% untuk rute domestik dan 20% untuk rute Internasional, dengan sarat ketentuan yang berlaku.

Diharapkan melalui kerjasama tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung dapat menghemat dan mengefisiensikan biaya perjalanan dinas masing-masing SKPD, khususnya untuk penerbangan melalui maskapai Garuda.

Provinsi Lampung dengan jumlah penduduk + 9 juta jiwa dan memiliki berbagai potensi serta keunggulannya sangat memerlukan sarana transportasi yang cepat, tepat waktu dan nyaman. Hal tersebut dapat diwujudkan oleh moda transportasi udara. Untuk menciptakan pelanggan memang bukan hal yang mudah, tapi bukan tidak mungkin untuk diwujudkan. Oleh sebab itu diperlukan perjuangan dan kreatifitas dari Garuda Indonesia bagaimana caranya agar tetap eksis pada rute penerbangan ini.

Idrus Efendi mengingatkan pengalaman yang lalu menunjukkan beberapa perusahaan penerbangan mencoba melayani rute baru, tetapi tidak mampu bertahan lama. Untuk itu diharapkan Garuda Indonesia mampu mengkaji secara mendalam masalah apa yang menjadi penyebabnya dan menjadikannya sebagai referensi dalam menentukan strategi operasionalnya untuk rute ini.

Kepada Garuda Indonesia hendaknya dapat menjaga hubungan baik dan keharmonisan sesama airline dan mitra-mitra kerjanya, saling mendukung dalam    melayani    pengguna   jasa  angkutan udara.

Idrus meminta kepada Garuda Indonesia dapat meningkatkan kinerja, khususnya dalam menghadapi arus mudik dan arus balik pada lebaran Idul Fitri mendatang. Tidak dipungkiri pada saat tersebut, lonjakan penumpang akan semakin meningkat. Jika hal ini tidak di antisipasi dengan baik, akan terjadi penumpukan penumpang di Bandara.

“Saya sampaikan ucapan selamat kepada  Garuda Indonesia yang telah membuka jalur Lampung-Palembang. Disamping itu juga ucapan selamat atas diraihnya Garuda Indonesia sebagai 10 penerbangan terbaik dunia tahun 2015  kategori Airline of the Year,” katamya.