Penerimaan Siswa Didik Baru di Bandarlampung Dimulai 4 Juli 2022

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023 jenjang SMPN dan SDN di Kota Bandarlampung, akan dimulai pada 4 Juli 2022, pendaftaran bagi siswa/i SMPN terdapat lima jalur penerimaan siswa didik.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana untuk PPDB SMP lima jalur penerimaan tersebut, zonasi regular, zonasi Bina Lingkungan atau afirmasi, perpindahan tugas orangtua, guru dan tenaga kependidikan (GTK) serta prestasi.

“Pertama, pada jalur zonasi Bina Lingkungan (Biling), guru dan tenaga kependidikan, dan prestasi, dibuka pada 4 – 6 Juli 2022. Kemudian, pada jalur zonasi regular dan perpindahan tugas orangtua, dibuka pada 11-13 Juli 2022,” jelasnya dalam rilisnya yang ditrima teraslampung.com Jumat 17 Juni 2022.

“Ini yang penting saya sampaikan, PPDB pada jalur zonasi Biling dan perpindahan tugas orangtua, calon peserta didik hanya dibolehkan memilih satu SMP Negeri saja. Sedangkan jalur zonasi regular dibolehkan memilih maksimal tiga SMP Negeri,” tambahnya

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung Eka Afriana menambahkan, PPDB untuk SMPN menggunakan dua cara luar jaringan (offline) dan dalam jaringan (online)

“Sistem offline ini dibuka untuk jalur zonasi Billing atau afirmasi, GTK, dan prestasi. Sedangkan jalur zonasi regular dan perpindahan tugas orangtua, secara online. Orang tua didik bisa mendowload (mengunduh) aplikasi PPDB online Kota Bandarlampung untuk pengguna andoid di Playstore yang pake IOS (Aplle) silakan unduh di AppStore,” jelasnya.

“Silakan di isi data-data di semua kolom yang sudah disedikan di aplikasi itu, kirim juga berkas pendaftaran yang dibutuhkan,” tambahnya.

Selanjutnya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) dalam rilisnya dijelaskan dibuka pada tanggal 4 juli di seluruh SDN yang ada di Kota Bandarlampung.

“Pendaftaran dimulai tanggal 4 – 7 Juli kemudian pada tanggal 8 – 9 Juli berkas diseleksi dan pada 11 Juli pengumuman serta hingga tanggal 12 Juli 2022 peserta didik melakukan pendaftaran ulang,” jelasnya.

“Kalau sekolah belum mencukupi kuota jumlah murid, pendaftaran gelombang ke dua dibuka pada tanggal 14 – 15 juli. Pengumuman dan daftar ulang penerimaan gelombang ke dua ini pada tanggal 16 Juli 2022,” tutup Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung Eka Afriana.

Dandy Ibrahim