Penetapan Biaya Langganan Media Online Diskomfo Lampura tak Miliki Dasar Hukum

  • Bagikan
Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Lampung Utara
Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Standar Satuan Harga ‎media online yang ditetapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informasi tahun 2021 ternyata tidak memiliki dasar hukum. Penetapan SSH media online ternyata hanya berdasarkan kebijakan semata.

Pada tahun 2021, Diskominfo Lampung Utara menetapkan biaya langganan untuk setiap media online sebesar Rp500 per bulan. Dengan kebijakan itu, seluruh media baik yang memiliki rating bagus di Alexa maupun yang tidak mendapat porsi yang sama.

“SSH itu berdasarkan yang sudah diinikan oleh BPKA. Pengajuannya dari sini (Diskominfo), dasarnya dari sana,” kelit Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Diskominfo Lampung Utara, Defriyadi‎, Selasa (25/5/2021).

Menurut Defriyadi, penetapan mengenai SSH media itu dilakukan oleh bidang perencanaan Diskomfo pada tahun sebelumnya. Besaran SSH yang ditetapkan dicantumkan ke dalam Rencana Kegiatan Anggaran 2021.

“Udah dulu ya, saya mau ke rumah dinas bupati,” katanya sembari berlalu menggunakan sepeda motornya.

Di sisi lain‎, Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Evaluasi Diskominfo Lampung Utara, Eka Binawati membenarkan bahwa SSH itu ditetapkan setahun sebelumnya. Yang menetapkan besaran SSH itu adalah Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Diskominfo Lampura, Anton.

Saat ditanya mengenai apa yang menjadi dasar hukum di balik pen‎etapan SSH media itu, Eka Binawati menyebutkan sejumlah peraturan, yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2019 atau Permendagri No‎mor 50 tahun 2020. Begitu dinyatakan bahwa Permendagri yang disebutkan itu tidak mengatur mengenai besaran SSH media, Eka akhirnya mengakui bahwa penetapan itu hanya berdasarkan kebijakan semata dan tidak memiliki dasar hukumnya.

“‎Penetapan SSH itu berdasarkan kebijakan karena kemampuan anggaran Diskominfo untuk media online,” terang dia.

.com/t/e/teraslampung.com.1193498.js" async>
  • Bagikan