Beranda Ruwa Jurai Tulangbawang Pengadilan Negeri Menggala Miliki Ruang Ramah Anak

Pengadilan Negeri Menggala Miliki Ruang Ramah Anak

179
BERBAGI
Elia Sunarto (kiri) saat menyambangi PN Menggala dan menyaksikan ruang ramah anak di PN tersebut (Foto: dok/Ist)

TERASLAMPUNG.COM, TULANGBAWANG –Pengadilan Negeri Menggala Kabupaten Tulangbawang kini siap beri layanan ramah anak. Sejumlah ruangan khusus bagi anak telah lengkap tersedia.

Hal itu diungkapkan Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Tulang Bawang Barat (LPA Tubaba) Elia Sunarto, Jumat (11/5/2018).

Elia Sunarto mengaku melihat langsung ruang khusus bagi anak itu saat bertemu dengan Kepala PN Menggaa untuk konfirmasi  kasus dugaan pecabulan yang dilakukan oknum guru di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) yang para korbannya saat ini dalam pendampingan LPA Tubaba.

“PN Menggala termasuk pengadilan negeri yang cukup banyak menangani kasus-kasus dengan keterlibatan anak. Terlebih pelayanan PN Menggala menjangkau tiga kabupaten; yaitu Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Tulang Bawang Barat,” katanya.

Elia Sunarto mengatakan beberapa waktu lalu dirinya mendapat kehormatan bertemu Kepala PN Menggala.

“Bahkan Beliau berkenan mengajak kami turun dan menunjukkan ruang-ruang ramah anak seperti; ruang sidang anak, tahanan anak, ruang diversi yang kesemuanya tertata dengan desain ramah anak,” papar Elia Sunarto.

Seperti diketahui, Ketua LPA Tubaba belum lama ini tengah mendampingi perkara kasus ABH yang baru saja diputus pengadilan perkaranya.

Pada saat itu Ketua LPA Tubaba, Elia Sunarto bersama Ketua LPA Tulang Bawang, F. Agustinus menjadi tamu Kepala PN. Menggala.

Ketua LPA Tubaba juga memuji komitmen peradilan perspektif anak Kepala PN. Menggala, Y. Kilat Daya, SH., MH yang kini memimpin institusi penegak keadilan tersebut.

“Kita berharap ke depan hakim dapat memutus hukuman bagi pelaku pelanggaran hak anak dengan pemberatan terutama pada kejahatan seksual terhadap anak,” tegas Elia Sunarto.