Beranda News Lampung Pengamanan Arus Mudik, TNI AL Siagakan 150 Prajurit di Pelabuhan Bakauheni dan...

Pengamanan Arus Mudik, TNI AL Siagakan 150 Prajurit di Pelabuhan Bakauheni dan Panjang

214
BERBAGI
Komanan Pangkalan Angkatan Laut (Dan Lanal) Lampung, Kolonel (P) Yana Hardiyana

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Pangkalan TNI  Angkatan Laut (Lanal) Lampung menyiagakan 150 prajurit untuk menjaga kawasan darat Pelabuhan Bakauheni dan Panjang dan wilayah perairan Lampung selama arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1437 H.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Lampung, Kolonel (P) Yana Hardiyana mengatakan, pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran 2016 ini, pihaknya menerjunkan 150 personel TNI Angkatan Laut (AL).

“Pelabuhan Bakauheni dan Panjang ini merupakan objek vital. Oleh karena itu, selain dari Polri kami pun ikut melakukan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran. Ke-150 personel yang diterjunkan tersebut, difokuskan untuk melakukan pengamanan di Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Panjang,”kata Hardiyana kepada Teraslampung.com, Kamis (30/6/2016).

Selain menjaga kawasan darat Pelabuhan, para personel tersebut, melakukan patroli rutin di laut di kawasan Pelabuhan Bakauheni dan Panjang.

“Selain itu juga, pengamanan akan dilakukan di jalur penyeberangan Selat Sunda,”ujarnya.

Menurut Kolonel Hardiyana, selain itu juga ada bantuan tiga kapal perang dari Armada Kawasan Barat (Armabar). Ketiga kapal perang tersebut nantinya yang secara rutin melaksanakan giat operasi di sepanjang Selat Sunda.

“Unsur dari Armabar ini, diturunkan menggunakan oditur gelar yang selama ini sudah rutin dilaksanakan operasi di Selat Sunda ini,”terangnya.

Menurutnya, pengamanan tidak hanya dilakukan di Pelabuhan Bakauheni dan Panjang saja, meski yang difokuskan dua Pelabuhan tersebut. Namun pihaknya juga, tetap melaksanakan pengamanan di seluruh peraian Lampung lainnya dengan menurunkan Kapal Angkatan Laut (KAL).

“Kami ada Kapal Angkatan Laut (KAL), kapal ini yang dioperasikan untuk melaksanakan giat operasi rutin di perairan Lampung,”ungkapnya.