Beranda News Lampung Pengamanan Natal – Tahun Baru, Polres Lamsel Siagakan 400 Personel

Pengamanan Natal – Tahun Baru, Polres Lamsel Siagakan 400 Personel

224
BERBAGI
Kapolres Lampung Selatan AKBP Eddie Purnomo didampingi Waka Polres Lampung Selatan Kompol Listiyono Dwi Nugroho menjelaskan tentang kesiapan Polres Lamsel melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Senin, 23 Desember 2019.
Kapolres Lampung Selatan AKBP Eddie Purnomo didampingi Waka Polres Lampung Selatan Kompol Listiyono Dwi Nugroho menjelaskan tentang kesiapan Polres Lamsel melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Senin, 23 Desember 2019.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

KALIANDA — Polres Lampung Selatan mulau menggelar Operasi Lilin Krakatau, Senin,  23 Desember 2019. Operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 ini akan berlangsung  hingga 1 Januari 2020.

Pada operasi kali ini, Polres Lampung Selatan mengerahkan 400 personel gabungan. Ratusan personel gabungan tersebut ditempatkan di 23 Pos, yakni Pos Terpadu, Pos Pelayanan (Posyan) dan Pos Pengamanan (Pospam).

Puluhan Pos tersebut tersebar di beberapa wilayah di Lampung Selatan. Antara lain Pos Terpadu  i Pelabuhan Bakauheni, Pos Pelayanan di  Bandara Radin Inten II, serta Pos Pengamanan dan Pos Pantau di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Jalan Lintas Timur (Jalintim), dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

“Personel sudah ditempatkan di pos-pos yang sudah ditentukan untuk melaksanakan pengamanan. Mereka akan melakukan pengaman sampai tanggal 6 Januari 2020,”kata Kapolres Lampung Selatan, AKBP Eddie Purnomo, Senin (23/12/2019).

AKBP Eddie Purnomo mengatakan, target Operasi Lilin Krakatau ini adalah tempat-tempat ibadah, bandara, pelabuhan, terminal-terminal kecil, sarana transportasi, pusat perbelanjaan serta tempat-tempat objek wisata.

“Pengamanan juga termasuk di Jalinsum, Jalintim serta jalur di JTTS,”ujarnya.

Sementara untuk pengamanan di jalur JTTS, kata mantan Kapolres Mesuji ini, ada 4 Pospam yang didirikan di Rest Are Km33 dan Km87 di Jalur A dan B serta 7 pintu exit jalan tol.

“Di setiap pintu keluar tol, didirikan juga Pos Pengamanan (Pospam),”ungkapnya.

Gelar Operasi Lilin Krakatau ini, lanjut AKBP Eddie Purnomo, ada beberapa wilayah yang menjadi titik berat pengamanan seperti di Pelabuhan Bakauheni, jalur Lintas Tengah, Lintas Timur, serta Bandara. Terutama,  pada saat arus mudik dan arus balik mudik nanti.

“Pengaman di jalur Tol, yakni pengamanan di Rest Area dan pintu-pintu keluar tol dan di tempat itu kita dirikan juga pos-pos pengaman,”bebernya.

Dikatakannya, untuk pengamanan perayaan Natal 2019 ini, pihaknya telah melakukan pendataan terhadap Gereja di Lampung Selatan sebanyak 100 Gereja, dan di setiap gereja tersebut akan dijaga 5-10 anggota.

“Penempatan personel di tempat ibadah (gereja), disesuaikan kondisi di lapangan. Kami juga akan menyiagakan detektor logam tapi penggunannya bersifat selektif,”terangnya.

Dia menambahkan, personel siap menjaga keamanan selama pelaksanaan ibadah. Ia juga meminta kepada pengurus gereja, untuk segera memberikan informasi kepada pihak kepolisian jika mendapati adanya jemaat baru atau yang mencurigakan.

“Saya berharap, masyarakat dapat menjaga kondisi Kamtibmas di wilayahnya masing-masing agar tetap kondusif selama pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru,” tandasnya.

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaJiwasraya Gagal Bayar Polis Nasabah, Ini Empat Solusi yang Ditawarkan PPP
Artikel berikutnyaJelang Malam Misa Natal, Polresta Bandarlampung Siagakan Ratusan Personel
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya