Pengamanan Pemilu Presiden, Polisi akan Fokus di Sekitar TPS

Bagikan/Suka/Tweet:

Zaenal Asikin/Teraslampung.com

Kapolda La,mpung Brigjen Heru Winarko. (Teraslampung.com)

BANDARLAMPUNG – Polda Lampung siap mengamankan jalannya Pilpres 9 Juli mendatang. Dalam mengamankan Pilpres, Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko berjanji akan bersikap netral.

“Soal kenetralan, dipastikan semua anggota Polri akan bersikap netral. Anggota Polri hanya bertugas mengamankan jalannya Pemilu.Yang terpenting Pemilu Pilpres ini bisa berlangsung lancar, aman, dan damai dari awal hingga akhir. Untuk itu, kami sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Lampung,” kata Brigjen Heru Winarko.pada acara Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Krakatau 2014, di Lapangan Saburai, Bandarlampung, Selasa (10/6).

Brigjen Heru Winarko mengatakan gelar pasukan yang diikuti personel PoldaLampung, Polresta Bandarlampung, Polres Lampung Selatan, dan Polres Tanggamus itu  dalam rangka persiapan pengamanan Pilpres 2014.

“Untuk melakukan pengamanan Pilpres pihaknya sudah melakukan koordinasi KPUD kabupaten/kota. Kami akan fokus di TPS-TPS yang pada Pemilu kali ini bertambah, lebih banyak dibanding Pileg lalu,” kata dia.

Menurut Kapolda, pada Pemilu Presiden jumlah TPS akan berkurang, sedangkan DPT akan bertambah dari 500 DPT per TPS menjadi 600 DPT per TPS. Pada Pemilu Pileg dan Pilkada berjumlah 5000 TPS menjadi 4000 TPS.

Selain  Kapolda Lampung, Brigjen Pol. Drs. Heru Winarko, gelar pasukan dihadiri Dir Sabhara Baharkam Mabes Polri, Brigjen Pol. Drs Heri Hawan, Wakapolda Lampung, Kombes Pol. Winarno, seluruh pejabat Utama Polda Lampung, Ketua KPU Lampung, Ketua Bawaslu Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, dan seluruh elemen masyarakat.

Sedangkan jumlah personel Polri TNI yang dikerahkan terdiri dari 1 Pleton Pom TNI, 1 Pleton TNI AD, 1 Pleton TNI AL, 1 Pleton Brigif 3 Marinir, 2 Kompi Sat Brimob Polda Lampung, 1 Pleton Ditpol Air Polda Lampung, 1 Pleton Gabungan Dit Intelkam, Dit Reskrimum, Dit Reskrimsus, Dit Narkoba Polda Lampung.

Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Krakatau 2014, di Lapangan Saburai, Bandarlampung, Selasa (10/6). Foto: Teraslampung.com

Selain itu 1 Pleton Dit Lantas Polda Lampung, 1 Kompi Polresta Bandarlampung, 1 Pleton Dihub Provinsi Lampung, 1 Kompi Pol PP, 1 Pleton Gabungan Damkar, Rafi, Senkom, dan SAR, sebanyak 960 personel, terdiri dari personel Polda sebanyak 500 personel, Polresta 400 personel, Polres Lampung Selatan 30 personel, dan Polres Tanggamus 30 personel.

Direktur Sabhara Baharkam Mabes Polri, Brigjen. Heri Hawan, mengatakan,dengan menyaksikan simulasi persiapan sistem pengamanan Pilpres pada 9 juli 2014 mendatang, mulai dari pengendali massa (Dalmas) awal sampai Dalmas akhir cukup memuaskan.

“Mulai dari pagar betis, melumpuhkan massa yang anarkis cukup baik, dan diharapkan saat pelaksanaannya nanti para personel yang telah terlatih tersebut bisa melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata dia.

Terkait tindakan tegas dan daerah yang dianggap rawan akan aksi massa, kata Heri, hal itu merupakan wewenang Kapolda Lampung selaku pimpinan yang mengetahui wilayahnya.