Pengangkatan CPNS KII di Lampung Utara Masih Belum Jelas

Ilutrasi PNS/dok jawapos
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–‎Pengangkatan 641  C‎alon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kategori II Lampung Utara (Lampura) yang lolos melalui ujian penerimaan CPNSD K II tahun 2013 hingga kini masih mak jelas. ‎

‎Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Iwan Setiawan mengakui bahwa belum dapat memasti‎kan kapan para honorer itu akan berubah status. Sebab, perubahan status para honorer tersebut sangat tergantung pada proses pemeriksaan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang hingga kini masih belum selesai dilakukan. ‎

“Pemeriksaan berkas) Masih (dilakukan) di BKN,” kata dia, belum lama ini.

Iwan memperkirakan lambannya proses pemberkasan ini dikarenakan banyaknya berkas yang harus ditangani oleh pihak BKN yang berasal dari seluruh Indonesia sehingga apa yang dirasakan oleh para honorer K II Lampura dirasakan pula oleh seluruh honorer di Indonesia.

“(Karena berkasnya dari seluruh Indonesia maka) maka bertahap koreksinya. Pemberkasan itu meliputi data Ijazah, dan lainnya,” tuturnya.

Kendati demikian, Iwan mengatakan jika seluruh pemberkasan dari BKN telah selesai yang dibuktikan dengan persetujuan Tekhnis mengenai NIP (Nomor Induk Pegawai) maka Bupati Agung Ilmu Mangkunegara akan segera menerbitkan Surat Keputusan pengangkatan para honorer tersebut.

“Para  honorer mohon bersabar. Yakinlah kita akan segera menerbitkan SK jika BKN sudah menyelesaikan proses pemberkasannya,” kata dia.

Sebelumnya, ‎pihak BKN telah beberapa kali memulangkan sejumlah berkas para honorer K II Lampura yang akan diangkat menjadi PNS lantaran banyak terdapat kesalahan administrasi dalam berkas yang mereka ajukan melalui BKD Lampura. Alhasil, proses pengangkatan mereka belum dapat dilakukan karena harus terlebih dahulu memperbaiki kesalahan administrasi yang ada.

“Penetapan NIP CPNS K2 Lampura belum dapat dilakukan karena Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menilai masih banyak kesalahan administrasi yang harus segera diperbaiki,” kata Kepala Bidang, Mutasi dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampura, Ramon Trioza.

Menurut Ramon, kesalahan administrasi dalam berkas CPNS K2 Lampura diantaranya seperti kesalahan nama, tidak adanya surat lamaran dan surat pernyataan. “Hasil pemeriksaan sementara BKN, sekitar 180 berkas K2 harus diperbaiki. Dan sebagian besarnya sudah kita perbaiki dan kirimkan kembali ke BKN,” katanya.