Beranda Teras Berita Pengembangan Wisata Kuliner Khas Lampung di Serambi Pulau Sumatera

Pengembangan Wisata Kuliner Khas Lampung di Serambi Pulau Sumatera

2632
BERBAGI
Kawasan Wisata Kuliner di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Dermaga Bom Kalianda, Lampung Selatan yang saat ini tengah dikembangkan pembangunannya.
Kawasan Wisata Kuliner di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Dermaga Bom Kalianda, Lampung Selatan yang saat ini tengah dikembangkan pembangunannya.

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN – Kabupaten Lampung Selatan kaya destinasi pariwisata. Mulai wisata bahari, pantai, alam pegunungan, hingga wisata budaya. Namun, sektor pariwisata yang dimiliki kabupaten berjuluk Serambi Pulau Sumatera ini belum sepenuhnya dikelola secara maksimal. Maka, tak heran jika sampai sejauh ini masih belum banyak wisatawan dari luar daerah untuk menjadikan Lampung Selatan sebagai tujuan wisata.

Agar Lampung Selatan bisa menjadi pilihan sebagai daerah tujuan wisata bagi wisatawan dalam dan luar negeri selain Yogyakarta, Bandung maupun Bali, ada baiknya pemerintah daerah (Pemda) Lampung Selatan mengambil langkah tepat, dengan mengajak para pelaku usaha, pebisnis dan juga masyarakat Lampung Selatan, khususnya yang ada di sekitar objek-objek wisata untuk turut serta meramaikan sektor kepariwisata-an di Lampung Selatan, khususnya kawasan wisata kuliner di Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Dermaga Bom, Kalianda yang saat ini tengah dilakukan pengembangan.

Sektor pariwisata di Lampung Selatan, memang sudah seharusnya ditunjang oleh kuliner khas daerah sendiri. Itu dimaksudkan, agar kuliner yang dimiliki Lampung Selatan bisa dikenal secara luas seperti halnya kuliner yang dimiliki daerah Yogyakarta yang terkenal dengan gudeg yogya-nya, Jawa Barat dengan Siomay dan Peyem Bandung-nya, Sumatera Selatan dengan Pempek Palembang-nya, dan Ibu Kota Jakarta dengan Kerak Telor-nya.

Padahal, Kabupaten Lampung Selatan sendiri memiliki segudang panganan khas daerah yang rasanya-pun tidak kalah nikmat dengam kuliner khas daerah lain seperti kue simpok labu, juwadah, gegandu, sekubal, otak-otak dan bakso ikan.

Sedangkan, untuk jenis masakan khas daerah-nya, Lampung Selatan memiliki beragam jenis masakan yang mungkin bisa menarik minat wisatawan luar daerah untuk mencoba mencicipinya seperti masakan khas Lampung Saibatin Lima Marga Way Handak, Lampung Selatan yakni gulay iwa kaluwok, pekhos sakhuwit iwa, pilas ukhang, kukhih tuba dan pekasom mabok kepayang, sambol gibuk, dan gegado Way Handak.

Dengan adanya penyajian makanan atau masakan khas daerah di kawasan wisata di Lampung Selatan, selain dapat menunjang sektor kepariwisataan dan peningkatan ekonomi masyarakat di daerah  setempat, hal itu juga dapat dijadikan sebagai salah satu upaya bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam mempertahankan dan melestarikan makanan khas Lampung sebagai identitas daerah Lampung Selatan.

Loading...