Pengemis Kian Marak, DPRD Lampura Minta Pemkab Lakukan Pembinaan

  • Bagikan
Kantor DPRD Lampung Utara
Kantor DPRD Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–DPRD Lampung Utara meminta pihak eksekutif untuk melakukan pembinaan terhadap para gelandangan dan pengemis yang kerap berkeliaran di pusat kota.

“Banyak anak jalanan (pengemis dan gelandangan) yang muncul khususnya di hari Jumat. Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Sosial mohon diperhatikan hal ini,” kata anggota DPRD Lampung Utara, Sandi Juwita, Senin (27/9/2021).

Ia mengatakan, banyaknya anak jalanan ‎yang berkeliaran khususnya di hari Jumat tersebut hendaknya segera dicarikan solusi oleh pihak eksekutif. Pembinaan terhadap mereka sangat diperlukan sehingga mereka tak lagi berkeliaran di jalanan.

“Kasihan mereka itu. Hendaknya rekan – rekan eksekutif melakukan pembinaan dan memperhatikan keluhan mereka,” kata dia.

Di lain sisi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Lampung Utara, Firmansyah mengatakan, penertiban terhadap gelandangan dan pengemis‎ atau anak jalanan akan lebih mereka tingkatkan di masa mendatang. Dengan demikian, hal – hal yang tak diinginkan dapat diminimalisir sedini mungkin.

“Ke depan, razia terhadap mereka dan juga lainnya akan lebih kami tingkatkan,” terangnya.

Kendati begitu, ia mengatakan, ‎penertiban terhadap pengemis atau sejenisnya bukan tidak pernah mereka lakukan melainkan telah berulang kali dilakukan. Berulang kali ditertibkan, berulang kali juga mereka mengulangi hal yang sama.

“‎Sebenarnya ada sedikit peran masyarakat dalam persoalan ini karena kerap memberikan sedekah pada mereka di hari Jumat, tapi kami juga tidak bisa menyalahkan mereka. Sudah menjadi kewajiban kami ‎untuk melakukan penertiban,” jelas dia.

  • Bagikan