Pengumuman Hasil Tes JPTP Jadi Ujian Kejujuran Pemkab Lampura

  • Bagikan
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pengumuman hasil ‎penilaian makalah dan wawancara dalam Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Lampung Utara akan menjadi salah satu ujian kejujuran bagi pihak pemkab. Jika masih saja dirahasiakan hasilnya maka itu sama saja merestui isu liar seputar calon mahkota dalam Selter JPTP.

‎”Seyogianya pengumuman tes penilaian makalah dan wawancara itu diumumkan oleh tim seleksi maupun pihak pemkab agar masyarakat bisa mengetahui sejauh mana kemampuan calon pimpinan pelayan masyarakat tersebut,” papar Akademisi Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Lampung Utara, Suwardi, Senin (28/6/2021).

Sayangnya, hasil tes penilaian makalah dan wawancara itu hingga kini belum diungkapkan ke publik. Padahal, publik berhak mengetahui hasil dari tes tahap terakhir itu karena hak itu jelas tertuang dalam Undang – Undang Nomo 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Dengan demikian, tidak ada alasan bagi pihak pemkab yang termasuk Badan Publik untuk merahasiakan informasi tersebut,” tegas dia.

‎Pengumuman hasil tes tahap akhir ini semestinya dapat menjadi bukti nyata kejujuran dari pemkab dalam pelaksanaan Selter JPTP kali ini. Kejujuran ini terbilang penting untuk menepis isu liar seputar adanya calon mahkota yang telah jauh hari dipersiapkan untuk menduduki sebuah posisi.

“Tapi kalau hasilnya tidak terbuka seperti ini maka jangan salahkan masyarakat jika menganggap Selter JPTP hanyalah sebuah formalitas ‎untuk meloloskan calon mahkota,” jelas dia.

Sebelumnya, Bupati Budi Utomo ‎memastikan hanya para peraih peringkat satu hasil seleksi terbuka yang berhak menempati lima posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Lampung Utara. ‎Saat ini, proses Selter JPTP Lampung Utara tinggal menyisakan satu tahapan lagi sebelum ditentukan pemenangnya.

Pernyataan itu disampaikannya dalam pertemuan dengan para pengunjuk rasa yang tergabung dalam Pemuda – Pemudi Peduli Lampung Utara di rumah jabatan Ketua DPRD Lampung Utara belum lama ini. Pertemuan itu terekam dalam v‎ideo yang diterima oleh Teraslampung.com, Rabu (16/6/2021). Dalam video itu, pertemuan tersebut disaksikan oleh Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, dan Kapolres AKBP Bambang Yudho M. ‎

Sayangnya, masyarakat yang sempat berharap banyak dengan pernyataan tersebut terpaksa kembali kecewa. Itu dikarenakan keengganan Sekretaris maupun Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampung Utara untuk menjelaskan seputar hasil tahap akhir tersebut. Padahal, tahap akhir itu menjadi kunci utama masyarakat untuk mengetahui para pemenang dalam Selter lima JPTP tersebut berdasarkan nilai total yang diraih peserta dari seluruh tahapan.

  • Bagikan