Beranda News Nusantara Pengungsi dari 16 Desa akan Dipulangkan

Pengungsi dari 16 Desa akan Dipulangkan

145
BERBAGI
Gubernur Gatot Pujo Nugroho di tengah para pengungsi (dok pribadi Gubernur Sumut)

MEDAN, Teralampung.com—Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho menegaskan akan tetap melanjutkan rencana memulangkan para pengungsi yang berasal dari 16 desa di luar radius 5 kilometer dari Sinabung. Rencana itu akan dilaksanakan karena sesuai dengan hasil pertemuan Pemprov Sumatera Utara dengan Kepala BNPB Syamsul Maarif bersama sejumlah pemangku kepentingan lainy,  beberapa waktu lalu.

“Pemulangan tetap akan dilakukan. Kami akan terlebih dahulu memperhatikan kondisi psikologis para pengungsi pasca tewasnya 15 warga kemarin,” kata Gatot, Senin (3/2/2014).

Gatot mengatakan pihaknya akan  fokus melakukan relokasi terhadap desa yang berada pada radius 3 kilometer dari puncak Sinabung. Untuk memperlancar prosesnya, kata dia, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi sudah mengutus salah seorang pejabatnya untuk melakukan supervisi kepada Pemkab Karo untuk pengadaan lahan serta relokasi.

“Titik lokasinya sudah ditentukan namun saat ini tim masih mendampingi pemkab untuk membantu mengurus seluruh prosesnya,” ujarnya.

Loading...