Pengurus Forkom Nelangsa Lampung 2021-2025 Dilantik

  • Bagikan
Para pengurus Forkom Nelangsa Lampung 2021-2025

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Ketua Umum Forum Komunikasi Nelayan Rajungan Nusantara (Forkom Nelangsa), Mustaim, melantik pengurus Forkom Nelangsa Provinsi Lampung periode 2021-2025 di Hotel Horison Bandarlampung, Jumat (10/12/2021).

Forum yang beranggotan para nelayan rajungan Lampung yang berasal dari Kabupaten Tulangbawang, Lampung Timur,  dan Lampung Tengah itu diketuai oleh Miswan, nelayan asal Lampung Timur.

Pelantikan secara virtual tersebut dihadiri antara lain oleh Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Sutaryono, Direktur Mitra Bentala Rizani, akademisi Unila Herman Yulianto, serta para nelayan rajungan di Lampung.

Selain acara pelantikan, digelar juga acara workshop tentang “Masa Depan Lampung Menuju Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan”.

Workshop  tersebut membahas berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan perikanan berkelanjutan. Mulai tentang besarnya potensi ekspor rajungan di Lampung sampai soal  bagaimana ke depan bisa dilakukan pemanfaatan secara berkelanjutan.

Sejumlah nelayan rajungan di Lampung mengaku hasil tangkapan rajungan dalam beberapa tahun terakhir ini terus menurun. Para nelayan rajungan di kawasan pantai Lampung Timur, misalnya, umumnya penghasilannya menurun akibat maraknya kapal besar yang  beroperasi dengan jaring trawl.

Sedangkan nelayan rajungan di wilayah Tulangbawang penghasilannya berkurang karena maraknya penambangan pasir di Kuala Teladas.

 Mas Alina Arifin

  • Bagikan