Pengurus Forum Tulangbawang Barat Sehat Dilantik

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM —  Assisten I Bidang Sosial dan Pemerintahan Kabupaten Tulangbawang Barat Barat, Agus Subagiyo, melantik dan mengukuhkan Tim Pembina Kabupaten Sehat, Forum Tulang Bawang Barat Sehat, Forum Komunikasi Tiyuh Sehat Tingkat Kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) Tiyuh Sehat se-Tubaba, di  Griya Asri, Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Selasa (19/2/2019).

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Tulang Bawang Barat, Elia Sunartom dipercaya sebagai Ketua Umum Forum Tubaba Sehat didampingi Ketua I Tessyana Tirta Sanjaya, Ketua II Evawati dan Sekretaris Rochayati. Dalam sambutannya Bupati Umar Ahmad, sebagaimana disampaikan Agus Subagiyo mengatakan Bupati mendukung penuh program Kabupaten/Kota Sehat ini.

“Pak Bupati minta semua pihak (OPD, elemen masyarakat dan dunia usaha), satu semangat mewujudkan Tulang Bawang Barat tahun ini sebagai Kabupaten Sehat,” kata Agus subagiyo.

BACA JUGA:   Sekdakab Tuba Barat Buka Lomba Masak Ikan

Sekretaris Dinas Kesehatan Tulangbawang Barat, Majril, menjelaskan kegiatan Forum Tubaba Sehat akan difasilitasi Pemerintah Kabupaten.

Kabid Kesehatan Masyarakat Tubaba, Wahyudi Alamsyah, mengatakan Pemkab Tubaba tahun 2019 ini berkeinginan ikut verifikasi penilaian Kabupaten/Kota Sehat yang diselenggarakan Pemerintah Pusat setiap dua tahun sekali.

“Ada 2 tatanan yang kami ambil, yaitu tatanan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum dan tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Secara Mandiri,” ungkap Wahyudi Alamsyah.

Menurut Wahyudi, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan Bappeda bersama dinas-dinas terkait, akan mendukung kegiatan Forum Tubaba Sehat.

“Kabupaten Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah,” katanya.

BACA JUGA:   Sengketa Lahan Nyaris Bentrok

“Dasar hukum penyelenggaraan KKS adalah Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/kota Sehat,” Wahyudi Alamsyah menambahkan.

TL|RL|Elia Sunarto

  • Bagikan