Beranda Teras Berita Pengusaha Bandel, Minuman dan Makanan Kedaluwarsa Masih Dijual di Supermarket

Pengusaha Bandel, Minuman dan Makanan Kedaluwarsa Masih Dijual di Supermarket

166
BERBAGI

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com  – Imbauan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kepada pemilik dan pengelola supermarket agar tidak lagi menjual makanan dan minuman kedaluwarsa ternyata diabaikan. Buktinya, hingga kini masih ada supermarket di Lampung yang menjual makanan dan minuman kedaluwarsa.

“Kami baru memusnahkan makanan berupa selai dan minuman jus  kedaluarsa yang masih dijual di supermarket di Bandarlampung. Kami sudah mengingatkan produsen agar  tidak menjual lagi produk yang sudah kedaluarsa karena dapat membahayakan kesehatan manusia,” kata Kepala Bidang  Pemeriksaan dan Penyelidikan BPOM Provinsi Lampung, Ramadhan, Selasa (15/7/2014).

Selain menemukan makanan kedalursa dalam sidak produk makanaan itu BPOM Lampung juga menemukan produk ilegal. “Produk asal Tiongkok itu berupa permen. Ada enam jenis permen asal Tiongkok yang beredar di pasaran di Lampung,” kata dia.

Menurut Ramadhan, produk tersebut tidak memiliki izin registrasi, tidak ada keterangan kapan produk akan kedaluwarsa, dan  menggunakan aksara Tiongkok sehingga menyulitkan petugas melakukan pemantauan.

“Kami menyita produk ini dan segera memanggil produsennya serta meminta komitmennya untuk menarik serta tidak menjual lagi produk ilegal,” kata dia.

Ramadhan mengaku BPOM kesulitan untuk membuat efek jera produsen karena dalam UU saat ini tidak ada ketentuan sanksi terhadap penjual atau pengedar produk makanan bermasalah. (Siti Qodratin)

Loading...