Beranda News Pilgub Lampung Penjaringan Bakal Cagub PDIP, Mustafa Ikuti Tes Kejiwaan di RSJ Lampung

Penjaringan Bakal Cagub PDIP, Mustafa Ikuti Tes Kejiwaan di RSJ Lampung

232
BERBAGI
Ketua DPW Partai Nasdem Lampung, Mustafa, mengerjakan soal tes kejiwaan di RSJ Lampung, Selasa pagi (30/5/2017).

TERASLAMPUNG.COM, Pesawaran – Ketua DPW NasDem Lampung, Mustafa, mengikuti tes kejiwaan di Rumah Sakit Jiwa Lampung di Kurungannyawa, Pesawaran, Selasa, 30/5/2017.

Tes kejiwaan ini merupakan salah satu persyaratan pencalonan gubernur melalui perahu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Mustafa datang sekitar pukul 09.00 WIB selesai 10.30 WIB.

Bupati Lampung Tengah itu terlihat konsentrasi mengerjakan 567 soal. Soal-soal yang harus dikerjakan itu dibagi beberapa bagian dengan tujuan untuk mengukur hal berbeda pula. Antara lain untuk mengetahui kondisi indeks mental, profil, dan indeks kepribadian calon gubernur.

Menurut Sri Astuti, psikolog yang menguji Bupati Mustafa, tes kejiwaan tersebut dinamakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).

Tes MMPI adalah tes psikologi yang digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa dengan indicator penilaian kemampuan adaptasi, integritas, gangguan kejiwaan, dan kepribadian dasar mecakup keterbukaan pikiran baru, kendali hati, keterbukaan terhadap orang lain dan keterbukaan terhadap tekanan.

“Penilaian ditentukan berdasarkan masing-masing indicator dengan skala 0-2, 0 berarti kurang, 1 sedang, 2 berarti bagus. Dari tes ini kita akan mendeteksi apakah si calon mempunyai gangguan jiwa atau tidak. Nantinya penilaian dilakukan dengan psikiater yang ada,” jelasnya.

Selain tes kejiwaan ada sejumlah rangkaian tes lainnya yang harus dijalani Mustafa

“Ada tes kesehatan dan tes bersih dari Narkoba. Mohon doanya agar semua berjalan lancar,” katanya.

 

Loading...