Beranda News Pilgub Lampung Pentas “Bima Ngaji”, Arinal Djunaidi dan Ki Enthus Ajak Warga Natar Mengaji...

Pentas “Bima Ngaji”, Arinal Djunaidi dan Ki Enthus Ajak Warga Natar Mengaji Sambil Menikmati Hiburan

321
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Arinal Djunaidi bersama dalang Ki Enthus Susmono mengaji bersama Bima usai salat tarawih di Lapangan Tanjungsari, Natar, Lampung Selatan, Sabtu (27/5/17). Bima adalah tokoh wayang kulit yang akan ditampilkan dengan lakon “Bima Ngaji.”

Aslinya, kata Ki Sabdo Joko Purwanto, dalang asal Wayjepara, Lampung Timur, lakonnya adalah “Bima Suci”. Ki Enthus yang juga bupati Tegal itu mengubahnya menjadi “Bima Ngaji”. Kisahnya, kata Ki Joko, perjalanan spiritual Bimo menemukan kebenaran yang hakiki.

Dalam perjalanan mencari esensi hidup, Bima akhirnya terdampar di pesantren. Di situ, dia akan ngaji dan mengkaji tentang asal dan tujuan hidup manusia, kata Ki Joko. Ketua Jaringan Arinal Berjaya (Jaya) Himawan Imron, “Kita bisa belajar dari kisah ini sambil menunggu makan saur bersama.”

Arinal Djunaidi yang selalu hadir hingga pembagian hadiah jelang saur sengaja menghadirkan Ki Enthus karena kepopulerannya sebagai dalang sekaligus ustad. Setiap pertunjukannya, Ki Enthus selalu berdoa bersama dan ngaji bersama. Kisah pewayangannya juga banyak dibumbui nasehat keislaman.

Seperti pagelaran-pagelaran sebelumnya, Jaya menyediakan pagi penonton berupa tiga sepeda motor ATV 180/CC dan 10/ekor kambing sebagai wujud kepedulian Arinal Djunaidi kepada masyarakat. Arinal Djunaidi berharap dapat dikembangkan lagi untuk memberikan keuntungan bagi keluarga. ‘Hadiah kambing merupakan simbol dorongan dari kami agar masyarakat terus membudidayakan ternak,” ujar Himawan Ali Imron.

Loading...