Beranda Pendidikan Pentas Seni dan Pameran GSMS Digelar di Mal Kartini

Pentas Seni dan Pameran GSMS Digelar di Mal Kartini

53
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaam Provinsi Lampung Drs Sulpakar, MM, sore nanti akan membuka Gelar Seni GSMS SMA/SMK se Lampung di Mall Kartini, Bandar Lampung. Pementasan dan pameran yang akan ditaja dari Jumat (7/12) – Minggu (9/12) ini akan menampilkan karya siswa dan siswi hasil pembelajaran Gerakan Seni Masuk Sekolah (GSMS) di Lampung.

Di Lampung, GSMS yang diinisiasi Kemendikbud mulai dilaksanakan sejak 2017 lalu. Pada 2018 melibatkan 45 SMA/SMK dari Kota Bandar Lampung, Metro, kabupaten Pringsewu, Pesawaran,dan Lampung Selatan.

Kepala Disdidbud Provisinsi Lampung didampingi Kabid Kebudayaan Arie Mardie Effendi, S. STP,MM, mengatakan, ada dua hal penting dalam program GSMS ini, pertama, harapannya para siswa dapat menengenali, memahami terutama kesenian daerahnya, kemudian menemukan jati dirinya melalui pembelajaran seni.

“Siswa diharapan dapat pengetahuan tentang kerja kreatif sekaligus belajar proses kreatif seniman dalam berkarya,” ujar Sulpakar.

Sulpakar mengatakan, program GSMS dikerjakan dalam waktu yang terbatas dan tidak bertujuan muluk-muluk,misalnya untuk mencetak siswa jadi seniman.

“Tetapi melalui program ini apresiasi siswa terhadap kesenian makin meningkat dan juga sebagai wahana penguatan karakter siswa,” tandas Sulpakar.

Kabid Kebudayaan Ari Mardie menambahkan, program Gerakan Seniman Masuk Sekolah ini harus dipahami bukan sekadar mengajarkan kesenian hanya sebagai sebuah proses kreatif kepada para siswa, tetapi juga sebagai wahana penguatan karakter melalui penanaman dan penyerapan nilai-nilai positif yang terkandung dalam kesenian itu.

“Program Gerakan Seniman Masuk Sekolah diselenggrakan agar siswa memahami dan dapat mengasah kepekaan terhadap nilai-nilai positif seperti nilai kejujuran, keberanian, solidaritas, dan kebhinekaan, “ imbuh Arie Mardie.

Loading...