Beranda Seni Pentas Tari Buddha Rasmi Pukau Penonton Mal Kartini

Pentas Tari Buddha Rasmi Pukau Penonton Mal Kartini

286
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Persembahan tari Buddha Rasmi yang dibesut SMA Bodhisattva Bandar Lampung pukau penonton. Suasana magis terbangun dengan tebaran nyala lilin di panggung dan aroma dupa yang menyeruak di Plaza Mall Kartini, Bandar Lampung, Minggu, (9/12).

Meski waktu bergerak menuju penghujung tengah malam, para penonton masih antusias menyimak gelaran tari Budha Rasmi yang sekaligus sebagai pamungkas acara Pameran dan Pentas Seni GSMS 2018 di Provinsi Lampung.

Menurut Muhammad Jumadi Jopi seniman yang berkesempatan berbagi dalam program GSMS di SMA Bodhisattva Bandar Lampung ini memaparkan, tari Buddha Rasmi ini, memang diangkat dari simbol-simbol agama Budha.

“Saya bersama siswa SMA Bodhisattva berupaya menciptakan tarian yangbisa difungsikan untuk kegiatan seremonial Yayasan,” ujarnya.

Jopi memaparkan, properti dupa ditampilkan, karena dalam ibadah Buddhis digunakan untuk sarana menyampaikan doa-doa kepada Triratna

Supaya doa atau harapan seseorang tersampaikan kepada Triratna maka dibakarlah dupa.

“Jadi fungsi dupa dalam tarian ini selain simbol dari nilai spiritual umat Buddha, juga sebagai penguat konsep tari kreasi ini. Sedangkan lilin sebagi simbol penetahuan atau pencerahan. Maka pada akhir pergelaran para penari memberikan lilin kepada penonton, ” ujar Jopi.

Sebelumnya, pada gelarannya, SMA Bodhisattva menampilakn tari Sigeh Penguten dan Tari Melinting. Pada program GSMS ini siswa SMA Bodhisatva yang muridnya dari berbagai suku bangsa yang berasal dari berbagai penjuru tanah air juga memperoleh bekal pelajaran tari tradisional Lampung.

“Kami berharap ke depan ketika pulang ke daerahnya masing-masing bisa memperkenalkan tradisi dan kearifan lokal Lampung,” pungkas Jopi mengunci perbincangan.

Loading...