Beranda News Kesehatan Pentingnya Kesadaran Menjaga Kesehatan Mental

Pentingnya Kesadaran Menjaga Kesehatan Mental

281
BERBAGI

Oleh: Mutiara Tricahyanti
Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya

Istilah kesehatan mental sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia.Namun, diyakini masih ada masyarakat yang belum sadar akan pentingnya kesehatan mental. Mereka hanya menjaga kesehatan fisik dengan mengikuti pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Banyak orang berpikir bahwa orang yang sehat adalah yang jarang sakit secara fisik. Namun perlu kita ketahui bahwa orang yang sehat adalah orang yang sehat dari kedua aspek yaitu jasmani dan rohaninya.

World Health Organization dalam Herman & Llopls, 2005 mendifinisikasi  kesehatan mental sebagai kondisi psikologis individu yang menyadari kemampuannya dalam menghadapi stres dan menyelesaikan dengan cara positif, mampu bekerja produktif dan efisien dan mampu memberikan kontribusi terhadap lingkungan di mana ia berada.

Menurut survei yang dilakukan oleh WHO sekitar 20 persen anak-anak dan remaja di dunia mengalami gangguan dan permasalahan mental.Dan lebih dari 800.000 orang setiap tahunnya mati karena bunuh diri. Bunuh diri sendiri menjadi penyebab terbesar ke-2 kematian yang terjadi pada usia 15-29 tahun.

Mengapa kesehatan mental itu penting? Karena sesempurna apapun fisik yang kitamiliki, bila jiwa kurang sehat maka kualitas seseorang itupun akan berkurang. Apabila kesehatan mental seseorang terganggu, ia akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, danjuga kendali emosi yang dapat mengarah pada perilaku buruk.

Ada berbagai contoh gangguan kesehatan mental seperti stress, depresi, gangguan kecemasan, bipolar, ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder), dan masih banyak lagi. Reaksi seseorang terhadap stres dapat bersifat positif maupun dapat bersifat negatif. Reaksi yang bersifat negatif atau merugikan, jika terjadi keluhan atau gangguan pada orang tersebut. Reaksi bersifat positif, jika menimbulkan dampak yang menjadi pendorong agar orang berusaha.

Stres yang bersifat negatif/merugikan dapat terjadi apabila stres terlalu berat atau berlangsung cukup lama. Perlu kita sadari bahwa kesahatan mental menjadi sebuah kebutuhan yang harus selalu diperhatikan oleh masyarakat.

Untuk itu, masyarakat perlu mengetahui cara pencegahan masalah kesehatan mental tersebut. Namun, tidak semua masalah kesehatan mental dapat dicegah. Dengan beberapa cara dibawah ini dapat meminimalisir risiko dari gangguan kesehatan mental, yaitu:

• Melakukan perawatan diri dengan meditasi, yoga dan olahraga karena sangat bermanfaat bagi kesehatan mental
• Mengatakan sesuatu yang positif, penelitian menunjukkan cara anda berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki pengaruh yang kuat terhadap perasaan. Apa yang Anda pikirkan bisa benar-benar terjadi dalam hidup. Untuk itu, mulailah untuk mengelola pikiran, mulai dari memberikan diri sendiri motivasi dengan kata-kata positif.
• Kelilingi diri anda dengan orang yang positif, demi kesehatan mental pilihlah orang yang ada di sekitar anda. Pilihlah orang-orang yang positif, selalu mendukung apa yang anda lakukan, dan mereka yang bisa membuat Anda lebih bahagia.
• Istirahat, luangkan waktu 15 menit untuk jalan-jalan dan menhirup udara segar. Cara ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mental anda dan mengurangi tekanan juga stes.
• Belajar hadapi stres, stres bisa datang kapan saja. Bila Anda sudah mulai merasakannya, segera lakukan cara-cara untuk mengatasi stres. Bisa dengan melakukan hobi, olahraga ataupun melakukan relaksasi.

Loading...