Penuhi Tuntutan Aturan, DPRD Lampura Rekrut Delapan Tenaga Ahli Fraksi

Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Seluruh fraksi di DPRD Lampung Utara akhirnya memiliki ‎tenaga ahli pada tahun 2022 ini. Jumlah tenaga ahli itu ada delapan orang sesuai dengan jumlah fraksi yang ada.

“Ya, baru di tahun‎ ini ada tenaga ahli fraksi. Satu fraksi, satu tenaga ahli,” kata Sekretaris DPRD Lampung Utara, Ahmad Alamsyah, Kamis (20/1/2022).

Pembentukan kedelapan tenaga ahli‎ ini memiliki dasar hukum yang jelas. Terdapat tiga aturan hukum yang mengatur pembentukan ini. Aturan itu di antaranya Undang – Undang MD3, peraturan pemerintah, dan Peraturan DPRD Lampung Utara tentang Tata Tertib DPRD.

“Kemudian, ada instruksi dari BPK tentang pembentukan tenaga ahli,” terangnya.

Di sisi lain, tenaga ahli Fraksi PDIP‎, Wirtajaya mengatakan, setidaknya ada sebelas tugas pokok dan fungsi yang harus mereka jalankan sebagai tenaga ahli. Kedelapan tupoksi itu adalah mendampingi rapat fraksi, menyusun telaah dan analisis berkaitan dengan bidang legislasi, anggaran, dan pengawasan.

Kemudian, menyiapkan bahan untuk simpulan rapat fraksi, mengikuti perkembangan isu strategis yang dapat memengaruhi kinerja DPRD, menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas fraksi, membuat daftar inventarisasi masalah pembahasan rancangan undang – undang.

Selanjutnya, mereka juga wajib memberikan masukan pada pimpinan fraksi, membantu pelaksanaan seminar atau lokakarya dari fraksi, melaporkan hasil tugasnya secara tertulis pada fraksi.

“Terakhir, melaporkan pelaksanaan tugas pada pimpinan fraksi secara berkala,” kata dia.