Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Penyuluh Pertanian Lampura Diminta Intens Dampingi Petani

Penyuluh Pertanian Lampura Diminta Intens Dampingi Petani

58
BERBAGI
Kepala Dinas Pertanian, Sofyan

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi –‎ Kepala Dinas Pertanian Lampung Utara meminta para penyuluh pertanian di wilayahnya untuk lebih intens mendampingi petani agar hasil panen menjadi lebih maksimal.

“Diminta atau tidak diminta, para penyuluh harus selalu turun ke lapangan mendampingi petani agar hasil panen yang didapat lebih maksimal,” kata Kepala Dinas Pertanian Lampung Utara, Sofyan usai menhadiri rapat koordinasi bulanan di kantor Pemkab, Senin (20/3/2017).

Menurut Sofyan, total tenaga penyuluh pertanian yang mereka miliki berjumlah 140 orang. Mereka adalah para penyuluh yang bernaung di Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K)‎ yang kini telah dilebur menjadi satu di bawah instansi pimpinannya. Tugas utama mereka ialah mentransfer pengetahuan bagaimana mengolah lahan pertanian, perkebunan, dan peternakan yang baik kepada masyarakat.

“Memang, sejak awal tahun, mereka sudah ‎disebar di 23 Kecamatan yang ada di Lampura. Tugas utama mereka ialah memberikan pengetahuan dan pemahaman bagaimana bercocok tanam, beternak, dan berkebun yang baik,” paparnya.

‎Sofyan juga menyarankan, para penyuluh pertanian harus menyiapkan strategi khusus agar ilmu pengetahuan yang mereka berikan dapat terserap dengan baik oleh para kelompok tani. Dengan begitu, usaha mereka akan lebih efektif dan efisien. Tak ada alasan bagi para penyuluh pertanian untuk tak menjalankan tugas dan kewajibannya mendampingi para kelompok tani. Apalagi, mereka telah diberikan kendaraan roda dua sebagai kendaraan operasional.

“Selain sudah dimodali pengetahuan dan keterampilan, rekan – rekan penyuluh juga telah diberikan kendaraan operasional. Mestinya, usaha mereka juga lebih efektif dan efisien,” ‎terang dia.