Bisnis  

Peran Payroll Outsourcing dan Keuntungannya Bagi Perusahaan

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Payroll outsourcing adalah alihdaya yang belakangan ini banyak dipilih oleh perusahaan guna membantu dalam mempermudah proses penghitungan gaji dan pajak karyawan.

Namun sebenarnya, apa peran dari jasa payroll outsourcing yang sebenarnya? Mari simak dalam artikel ini!

Peran Payroll Outsourcing

Payroll outsourcing adalah tenaga profesional yang digunakan perusahaan untuk membantu dalam mengelola penggajian dan perpajakan karyawan.

Peran jasa payroll amat luas dan mencakup berbagai aspek penting dalam pengelolaan gaji dan administrasi keuangan karyawan.

Bagi Anda yang mungkin belum tahu, berikut ini penjelasan mengenai peran payroll outsourcing:

1. Membantu Mengelola Penggajian

Tugas pertama payroll outsourcing adalah membantu perusahaan dalam menghitung gaji karyawan.

Perhitungan gaji ini tentu saja mengikuti kebijakan yang diberlakukan oleh perusahaan, misalnya berdasarkan data jam kerja, upah lembur, bonus, insentif, potongan pajak, dan kontribusi jaminan sosial.

Di sini, mereka juga akan memotong PPh dan iuran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Hasil dari perhitungan yang akan diserahkan kepada perusahaan adalah gaji bersih yang akan diterima karyawan.

2. Pembuatan Slip Gaji

Setelah berhasil melakukan perhitungan gaji bersih, selanjutnya payroll outsourcing juga bertugas dalam membuat slip gaji setiap karyawan.

Pembuatan slip gaji ini mengikuti standar yang ditetapkan oleh perusahaan.

3. Memproses Pembayaran Gaji

Beberapa jasa payroll service menawarkan untuk menjadi pihak yang mentransfer gaji karyawan. Jadi perusahaan hanya akan menerima laporan apakah gaji sudah ditransfer atau belum.

Tidak hanya melakukan transfer gaji, di sini mereka juga mengelola pembayaran gaji retroaktif, gaji karyawan yang berhenti bekerja, dan gaji komisi.

4. Menjalankan Kepatuhan terhadap Peraturan

Seperti yang kita ketahui, perusahaan wajib mengikuti ketentuan terkait penggajian yang dikeluarkan Kemenaker, serta perpajakan yang dikeluarkan oleh Kemenkeu.

Di sinilah peran payroll outsourcing, dalam membantu perusahaan mengikuti ketentuan peraturan yang berlaku terkait penggajian dan juga perpajakan.

Payroll outsourcing wajib memastikan proses penggajian sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan dan perpajakan yang berlaku.

Mereka juga harus memperbarui informasi terkait ketenagakerjaan dan melaporkan kewajiban pajak dan BPJS kepada instansi terkait.

5. Pelaporan

Peran krusial lainnya dari payroll outsourcing adalah menyediakan laporan penggajian yang detail dan komprehensif kepada perusahaan.

Mereka juga akan membantu dalam menganalisis data penggajian untuk pengambilan keputusan bisnis.

Keuntungan Menggunakan Payroll Outsourcing

Menggunakan payroll outsourcing sebagai alihdaya perusahaan dalam menghitung gaji dan pajak ternyata mendatangkan banyak keuntungan, berikut di antaranya:

1. Mengurangi Beban Administratif

Penggunaan pihak ketiga untuk menghitung gaji dan pajak karyawan tentunya akan membuat departemen HR dan akuntansi dapat fokus pada fungsi strategis dan peningkatan produktivitas.

2. Akurasi dan Kepatuhan

Mengikuti perkembangan peraturan terkait penggajian dan perpajakan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan.

Namun, hal ini bisa diatasi dengan mempercayakannya kepada payroll outsourcing, mereka akan membantu perusahaan untuk mengurangi risiko kesalahan dalam penggajian dan memastikan kepatuhan hukum.

3. Skalabilitas

Jasa payroll outsourcing membantu perusahaan dalam penanganan perubahan jumlah karyawan, baik itu bertambah atau berkurang.

4. Akses Teknologi

Biasanya payroll outsourcing menggunakan software payroll modern dalam proses penghitungan gaji. Nah, hal ini bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan karena mereka bisa merasakan penggunaan teknologi terbaru tanpa perlu investasi besar dalam infrastruktur IT.

Jadi dapat disimpulkan bahwa payroll outsourcing memiliki peran besar dalam membantu penggajian karyawan termasuk juga perpajakan. Ini juga termasuk dalam kepatuhan terhadap perundangan.

Semoga artikel ini membantu Anda!