Beranda Views Klinik Menulis Peran Suporter PSS Sleman yang Mendunia

Peran Suporter PSS Sleman yang Mendunia

1576
BERBAGI
Koreografi yang dibuat suporter PSS Sleman (foto: dok Kompas)

TERASLAMPUNG.COM — Sepak bola adalah sebuah olahraga yang cukup populer di Indonesia.  Diakui atau tidak, kesuksesan suatu tim sepak bola tak luput dari peran para suporter. Di Yogyakarta, salah satu tim sepak bola yang terkenal adalah PSS Sleman.

Tim kebanggaan masyarakat Sleman yang bermain di Liga 1 Indonesia ini memiliki banyak penggemar atau fans yang cukup fanatik, yang disebut dengan Brigata Curva Sud (BCS). Dulu disebut Slemania dan juga mempunyai suporter wanita yang disebut dengan Ladies Curva Sud (LCS).

LCS merupakan salah satu ultras PSS Sleman beranggotakan wanita yang berasal dari berbagai kalangan. Selain itu Brigata Curva Sud (BCS), tim Suporter PSS Sleman ini dinobatkan sebagai fans terbaik di kawasan Asia versi Copa90.

Setiap pertandingan PSS Sleman, para fans tidak pernah absen untuk mendukung tim kebanggaannya berlaga dan selalu memberikan dukungan dipinggir lapangan baik laga kandang maupun tandang. Berbagai segala cara ditempuhnya untuk menyaksikan tim kesayangannya. Para fans pun selalu mendukung dengan memenuhi dan menempati stadion kebanggannya ketika laga kandang yaitu di Stadion Maguwoharjo. Hadirnya para suporter PSS Sleman yang banyak jumlahnya di setiap pertandingan patut untuk diapresiasi.

Banyaknya suporter yang hadir untuk mendukung tim kebanggaan juga dapat berpengaruh dalam skema permainan, para pemain dan tim akan lebih tampil dengan percaya diri dan mental yang sangat apik.

Bagi pemain dan tim, suporter adalah pemberi semangat dan saksi hidup atas pencapaian mereka di lapangan. Bagi klub sepak bola, suporter adalah salah satu sumber keuangan selain sponsor. Karena saat ini suporter bukanlah orang yang hanya datang dan duduk untuk melihat pertandingan. Namun, mereka secara aktif memberi dukungan dengan bernanyi, bergerak, menyalakan kembang api atau bom asap.

Selain itu dalam menunjukan kecintaan dan rasa fanatiknya pada klub sepak bola ditunjukkan dengan membeli jersey kebanggaan, membeli dan mengkoleksi merchandise PSS Sleman, menggunakan atribut-atribut dalam mendukung tim kebanggaan, menyayikan dan menghafal yel-yel (chant) dan lainnya.

Oleh karena itulah, para suporter yang memiliki rasa fanatisme sangat kuat dan menciptakan suatu pola interaksi dan aksi kreatif dalam rangka memberikan dukungan penuh secara positif bagi tim kebanggaan untuk memenangkan setiap pertandingan. Tetap loyal dan rendah hati, terus sebarkan virus cinta PSS dengan hal yang positif.

Aleeeeeeee!

Almeida Nur, mahasiswa Prodi PGSD Universitas Sarjanwiyata Taman Siswa, Yogyakarta

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaReses di Pesawaran, Tobas Dapat Keluhan Kelangkaan Pupuk
Artikel berikutnyaPengamat Sumsel: 2020 Bakar Uang Harus Dihentikan
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya