Beranda Teras Berita Perang di Eropa

Perang di Eropa

312
BERBAGI

Oleh Alexander GB

Denmark versus Armenia berakhir dengan skor 2-1. (dok)

Hasil Kualifikasi Euro 2016 Genderang perang telah ditabuh, seantero Eopa bergolak pekan ini. Kejutan langsung terjadi ketika tuan rumah Portugal dijungkalkan tim lemah Albania pada pertandingan pembuka kualifikasi Piala Eropa 2016. Tantan Army tak mampu menahan laju Der Panzer(8/9/2014). Sementara Tim Dinamit Denmar susah payah menaklukkan Armenia (7/9/2014).

Jerman 2 : 1 Skotlandia
Dua gol Der Panzer dari Thomas Muller mengakhiri perlawanan sengit Tartan Army. Jerman menang 2-1.
Der Panzer sukses menegaskan status sebagai juara dunia setelah menekuk Skotlandia di  Signal-Iduna-Park, Dortmund. Laga berjalan begitu ketat sejak memasuki babak kedua. Jerman mampu unggul lebih dulu lewat Thomas Muller di babak pertama.

Skotlandia tidak tinggal dia lewat Anya di menit 66 gol, mereka berhasil menyamakan kedudukan. Namu, empat menit berselang, Jerman kembali menunjukkan tajinya lewat penyelesaian Muller. Jerman keluar sebagai pemenang dan mengantongi tiga poin.

DENMARK 2 : 1 ARMENIA

Tim Dinamit berhasil merengkuh poin sempurna usai menundukkan Armenia dengan susah payah pada pertandingan pembuka grup I kualifikasi Euro 2016.

Tuan rumah langsung mendominasi permainan sejak babak pertama, Christian Eriksen memaksa kiper Roman Berezovky beraksi di awal pertandingan. Namun, Denmark kesulitan menembus ketatnya pertahanan tim tamu meski terus mengurung.

Di paruh kedua, secara mengejutkan tim yang berjuluk ARARAT ini sukses unggul terlebih dahulu, pemain Borussia Dortmund Henrikh Mkhitaryan berhasil membobol gawang Kasper Schmeichel ketika laga baru berjalan lima menit melalui tembakan keras kaki kiri.

Denmark tidak tinggal diam, intesitas serangan ditingkatkan dan akhirnya mereka mampu menyamakan kedudukan 15 menit kemudian ketika pemain muda Bayern Munich Pierre Hojbjerg melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, Gol Hojbjerg tersebut cukup spesial karena ini merupakan gol pertamanya di timnas senior dan catatan ini juga membuatnya sebagai pencetak gol termuda Denmark di kualifikasi Euro, memecahkan rekor Eriksen.

Kedua tim kemudian saling berburu gol di sisa waktu, tetapi Denmark yang berhasil mencetak gol krusia ketika laga menyisakan sepuluh menit. Thomas Kahlenberg berhasil mengonversi umpan silang Nicklas Bendtner untuk membawa Denmark meraih kemenangan.

HUNGARIA 1 : 2 IRLANDIA UTARA
Gol telat dari Nial McGinn dan Kyle Lafferty membuat Irlandia Utara sukses membalikkan kedudukan dan mengalahkan tuan rumah Hungaria pada laga pembuka grup F kualifikasi Euro 2016.

Kedua tim sama-sama memiliki beberapa peluang emas di menit pertama, Jamie Ward gagal menyelesaikan peluang mudah sebelum Hungaria membalas melalui Balazs Dzsudzsak yang juga gagal mengarahkan bola dengan akurat di kotak penalti.

Meski Hungaria lebih mendominasi, tetapi Irlandia Utara yang memiliki peluang terbaik untuk memecah kebuntuan di paruh pertama ketika Ward memaksa Peter Gulacsi jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Pada babak kedua, Hungaria meningkatkan intensitas serangan, kiper Roy Carroll kini berganti melakukan penyelamatan gemilang untuk menghadang peluang Gergely Rudolf. Tetapi pada menit ke-75, kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk tuan rumah setelah umpan tendangan penjuru Dzsudzsak berhasil dikonversi menjadi gol oleh Tamas Priskin.

Meski demikian, Hungaria tidak dapat mempertahankan keunggulan mereka tersebut. Enam menit berselang McGinn sukses menyamakan kedudukan memanfaatkan pergerakan cantik dari Lafferty. Bahkan, Lafferty memastikan kemenangan tim tamu ketika laga menyisakan dua menit.

Kemenangan itu sangat berarti bagi Irlandia Utara mengingat Hungaria berada 50 tingkat lebih tinggi daripada skuat asuhan Michael O’Neill dalam ranking FIFA.

GEORGIA 1 : 2 REPUBLIK IRLANDIA

Aiden McGeady mencetak dua gol, termasuk di menit terakhir, untuk mengantarkan Republik Irlandia membuka petualangan mereka di grup D kualifikasi Euro 2016 dengan kemenangan atas Georgia.

Kedua tim bermain hati-hati hingga 20 menit pertama, sebelum tuan rumah Georgia mendapatkan peluang terbuka ketika Nikoloz Gelashvili menusu melalui sisi kanan tetapi tembakannya masih melebar.

Beberapa menit kemudian pemain Everton McGeady mencetak gol pertama di babak kualifikasi ini melalui tembakannya di menit ke-23 usai memanfaatkan umpan dari James McCarthy, yang juga rekan satu klub.

Georgia berhasil bangkit dengan menyamakan kedudukan 15 menit kemudian ketika Tornike Okriashvili melepaskan tembakan keras yang tidak mampu diantisipasi oleh David Forde.

Pada babak kedua, Irlandia terus menekan pertahanan tuan rumah, beberapa peluang didapatkan oleh Robbie Keane dan McGeady, tetapi kesempatan baru bisa dimaksimalkan oleh nama terakhir pada menit ke-90 untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Loading...