Peraturan – Tatib Pemilihan Wakil Bupati Lampung Utara Disahkan

  • Bagikan
Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, menandatangani surat pengesahan peraturan Tatib Pilwabup Lampung Utara, Rabu (22/9/2021).
Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, menandatangani surat pengesahan peraturan Tatib Pilwabup Lampung Utara, Rabu (22/9/2021).

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi — DPRD Lampung Utara akhirnya mengesahkan Peraturan Tata Tertib DPRD tentang Pemilihan Wakil Bupati Lampung Utara. Dengan demikian, pelaksanaan Pilwabup Lampung Utara sepertinya hanya tinggal menunggu waktu saja.

Jalannya sidang pengesahan peraturan Pilwabup itu sendiri dilakukan secara internal. Tak kurang dari tiga puluh empat anggota DPRD Lampung Utara yang hadir dalam sidang internal tersebut.

“Hari ini Peraturan Tata Tertib Pilwabup sudah disahkan,” terang Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, Rabu (22/9/2021).

Mengenai langkah selanjutnya setelah pengesahan tersebut, Romli mengaku masih akan membahasnya terlebih dulu dengan pimpinan DPRD dan pimpinan fraksi – fraksi. Tujuannya supaya langkah yang diambil benar – benar sesuai aturan.

“Ini kan hajat besar kita semua. Kami harus benar – benar teliti. Setiap kebijakan yang diambil harus sesuai aturan,” kata dia.

Dalam rapat tersebut, nantinya mereka akan membahas apakah panitia pemilihan wakil bupati akan dibentuk sebelum atau setelah adanya dua nama bakal calon wakil bupati. Kedua pilihan tersebut merupakan pilihan yang memerlukan pembahasan yang matang sebelum diputuskan.

“Karena komposisi anggota pemilihan itu dapat dibuat sekarang atau setelah ada bakal calon yang masuk ke DPRD,” kata politisi asal Partai Demokrat tersebut.

Menyikapi telah disahkannya peraturan itu, Bupati Budi Utomo mengatakan bahwa akan segera menyampaikan dua nama bakal calon wakil bupati pada lembaga legislatif setelah usulan dua nama itu diterimanya dari empat partai politik pengusungnya. Dalam hal ini, pihaknya hanya bersifat meneruskan usulan yang masuk, sedangkan yang menggodok dua nama itu ranahnya partai politik.

“Komunikasi dengan partai politik sudah lama dilakukan. Tinggal menerima usulan saja dari mereka,” jelas mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Lampung Utara ini.

‎Partai politik pengusung Bupati Budi Utomo dalam Pemilukada tahun 2018 silam berjumlah empat. Keempatnya adalah PKS, Partai Gerindra. Budi Utomo sendiri awalnya hanya didapuk sebagai wakil bupati. Ia naik menjadi bupati setelah pasangannya, Agung Ilmu Mangkunegara tersangkut perkara korupsi.

  • Bagikan